Fitur Super Thanks Youtube, Cara Beri Hadiah Langsung ke Konten Kreator
YouTube kembali membuat konten kreatornya semakin berkarya di platformnya. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

MEDAN - Platform YouTube baru-baru ini kembali membuat konten kreatornya semakin berkarya di platformnya, dengan memperluas fitur pemberian tip Super Thanks ke lebih banyak kreatornya.

Perlu diketahui, fitur Super Thanks adalah cara lain untuk memberi lebih banyak kreator untuk memonetisasi kehadiran mereka di platform, memungkinkan penggemar mengirimkan tip langsung kepada konten kreator di video.

Mulai Rp28 ribu tips yang dapat diberikan

Menariknya, jumlah tip juga bervariasi antara 2 hingga 50 dolar AS setara Rp28 ribu hingga Rp700 ribuan, dan penggemar dapat menyertakan komentar khusus saat mereka mengirim uang kepada konten kreator.

Sebelumnya, jika penggemar mengirim Super Thanks, pesan yang diberikan kepada kreator secara default adalah Terima kasih!, YouTube mengatakan opsi untuk menyesuaikan pesan akan mendorong interaksi yang lebih bermakna antara konten kreator dan penggemarnya.

Program ini sekarang terbuka untuk semua konten kreator yang sudah terhubung dalam Mitra YouTube dan memenuhi syarat di 68 negara.

"Setiap hari, konten kreator YouTube membantu saya belajar atau mencapai sesuatu yang baru. Bayangkan jika Anda dapat mengucapkan terima kasih khusus kepada konten kreator favorit Anda atau menunjukkan penghargaan untuk video tertentu yang telah mengajari Anda sesuatu yang baru atau membantu Anda. Dengan Super Thanks, sekarang Anda bisa," ujar manajer produk Barang Digital Berbayar di YouTube, Samantha Stevens.

Melansir The Verge, Rabu, 27 April, Super Thanks merupakan salah satu fitur Digital Berbayar YouTube, yang disebut platform sebagai produk apa pun yang memungkinkan penggemar membayar konten kreator secara langsung.

YouTube sejatinya juga memiliki fitur monetisasi Super Chat lebih dahulu, yang merupakan cara bagi kreator untuk menghasilkan uang dari streaming langsung mereka.

Ada juga fitur Super Stickers yang ditujukan untuk penggemar yang ingin menunjukkan dukungan dan terhubung dengan kreator favoritnya.

Selain itu, konten kreator juga menghasilkan uang dari video mereka di YouTube melalui bagi hasil iklan dengan platform. Tetapi beberapa dari konten kreator mengatakan bahwa pendapatan itu tidak bisa diandalkan.

Maka dari itu, hadirnya Super Thanks untuk memonetisasi konten kreator dari penggemar secara langsung dapat memberikan aliran pendapatan yang lebih stabil bagi mereka yang terlalu bergantung pada pengiklan.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Penggemar Kini Bisa Berikan Cuan ke Konten Kreator Favorit Lewat Fitur Super Thanks

Selain Fitur Super Thanks Youtube, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!