Anak Proklamator Sukmawati Soekarnoputri Resmi Pindah Agama Hindu
Ilustrasi Ibadah Agaman Hindu (Foto: Pixabay)

Bagikan:

MEDAN - Anak Proklamator Soekarno, Sukmawati Soekarnoputri diketahui akan menjalani ritual Sudhi Wadani atau pindah agama dari Islam ke Hindu.

Diketahui Sukmawati sudah sejak lama menunjukkan ketertarikannya untuk mendalami ajaran agama Hindu.

Kebiasaan Sukmawati Cinta Agama Hindu

Kepala Sukarno Center yang jadi penanggung jawab acara, Arya Wedakarna mengatakan berdasarkan penglihatannya, ketertarikan Sukmawati terhadap ajaran Hindu sangat terlihat dari kebiasaan Sukmawati yang acap kali meminta untuk disediakan buku dan kitab-kitab agama Hindu.

"Beliau (Sukmawati) gandrung dengan sansekerta, selalu meminta disediakan buku dan kitab kitab Hindu. Beliau juga sangat hafal dan mendalami itihasa wiracarita Hindu seperti Mahabarata dan Ramayana," katanya kepada VOI, Sabtu, 23 Oktober.

Sekadar informasi, itihasa adalah suatu bagian dari kesusastraan Hindu yang menceritakan kisah-kisah epik/kepahlawanan para raja dan kesatria Hindu pada masa lampau dan dibumbui oleh filsafat, agama, mitologi dan makhluk supernatural. Itihasa berarti kejadian yang nyata.

Selama ini, kata Arya, Sukmawati juga kerap berdiskusi dengan para pendeta, biksu dan pemangku. Menurut Arya, yang selalu menjadi topik pembicaraan adalah mengenai kebudayaan dan ritual agama Hindu.

"Rata-rata (berdiskusi untuk) mempelajari tentang kebudayaan, dan ritual (agama Hindu)," ucapnya.

Bahkan, Arya mengatakan bahwa Sukmawati juga sehari-hari sembahyang menggunakan sarana Hindu meskipun sebagai seorang muslim.

Arya mengaku telah menjadi saksi dari proses panjang yang dilalui Sukmawati untuk memantapkan diri menganut agama Hindu. Ia mengatakan bahwa keputusan Sukmawati pindah ke Hindu adalah untuk kembali ke agama leluhurnya.

"Sudah sejak lama (tertarik dengan Hindu) dan tentu ada bimbingan leluhur khususnya nenek beliau yang beragama Hindu yakni Nyoman Rai Srimben," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, pelaksanaan ritual Sudhi Wadani atau pindah agama dari Islam ke Hindu Sukmawati akan digelar di Kawasan Sukarno Center Heritage di Bale Agung Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali, pada Selasa, 26 Oktober.

"Iya benar itu. Acaranya di Bali pada tanggal 26 Oktober 2021, minggu depan," kata Arya.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Pindah Agama Hindu, Sukmawati Sudah Hafal dan Mendalami Itihasa Wiracarita

Selain Sukmawati Soekarnoputri Resmi Pindah Agama Hindu, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!