Efek Pandemi COVID-19, Aplikasi Kencan Tinder Mengalami Penurunan Pendapatan
Pendapatan Tinder mengalami penurunan karena pandemi COVID-19 membuat kencan menjadi sepi. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

MEDAN - Baru-baru ini Match Group Inc yang merupakan induk perusahaan dari aplikasi kencan Tinder, memproyeksikan pendapatan kuartal keempat mereka di bawah perkiraan pasar, Selasa, 2 November.

Penurunan pendapatan Tinder dikarenakan adanya pandemi COVID-19. Pandemi telah menghantam bisnis Tinder di Asia dan menunda peluncuran fitur baru pada aplikasi obrolan video Azar yang baru saja mereka beli.

Cuan Tinder Turun akibat Loncakan Variasi Delta 

Lonjakan varian Delta selama kuartal tersebut telah mendorong pembatasan baru di beberapa negara Asia, yang menghentikan pemulihan di pasar pertumbuhan utama dari perusahaan.

"Kami terus merasakan beberapa efek COVID yang tersisa di seluruh Asia, khususnya di Jepang, pasar terbesar kedua kami berdasarkan pendapatan," kata Match dalam sebuah pernyataan. Kondisi tersebut telah membuat sahamnya turun 6%.

Match Group Inc mengharapkan pendapatan kuartal keempat antara 810 juta dolar AS dan 820 juta dolar AS , di bawah perkiraan rata-rata analis sebesar 838,5 juta dolar AS, menurut Refinitiv.

Perkiraan itu juga terbebani oleh kontribusi yang diharapkan lebih rendah dari Hyperconnect, yang dibeli Match awal tahun ini sebesar 1,73 miliar dolar AS. Aplikasi andalan perusahaan Korea Selatan, Azar, juga telah menghadapi penurunan penggunaan dan masalah pengembangan produk karena pandemi.

Match mengatakan sedang bekerja untuk mempertajam fokus Hyperconnect pada interaksi sosial, seperti aplikasi kencan lainnya, meskipun proses ini mungkin memakan waktu.

Match Group Inc telah mencoba untuk membuat pengguna tetap tertarik setelah ledakan pandemi tahun lalu dengan menambahkan fitur baru seperti "Plus One" di Tinder untuk membantu para lajang menemukan tanggal pernikahan.

Match yang berbasis di Dallas, Texas mengatakan akan membayar lebih dari 550 juta dolar AS biaya ke toko aplikasi pada tahun 2021, karena menavigasi perubahan yang dibawa oleh Google dan Apple Inc.

Perbaikan sudah mulai muncul dalam keadilan ekosistem aplikasi, tetapi jalan masih panjang, kata Match.

Pendapatan mereka sempat naik 25% menjadi 801,8 juta pada kuartal ketiga, tetapi meleset dari perkiraan. Perusahaan menambahkan 16,3 juta pembayar dan pendapatan per pembayar naik 8%. Laba bersih mencapai 43 sen dolar per saham, meleset dari ekspektasi 55 sen dolar.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Sepi Kencan karena Pandemi COVID-19, Pendapatan Tinder Menurun Drastis

Selain Aplikasi Kencan Tinder, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!