Viral Kemunculan Metaverse, Presiden Microsoft Brad Smith: Bukan Dunia Baru
Brad Smith dalam sebuah wawancara dengan media. (foto: twitter)

Bagikan:

MEDAN - Baru-baru ini dunia digegerkan dengan kemunculan teknologi metaverse yang memang nyata. Kendati demikian, Presiden Microsoft menyatakan jika manusia akan terus hidup di dunia nyata.

Sebelumnya banyak orang, seperti Mark Zuckerberg, telah menghipnotis metaverse sebagai generasi internet berikutnya. Teknologi ini disebut akan lebih imersif dan akan mencakup pengalaman mulai dari game dan media sosial hingga ekonomi digitalnya sendiri.

Metaverse Masih Jauh dan Tidak Masuk Dimensi Baru

Pitch agresif itu kebetulan adalah mimpi yang masih jauh, dan ada banyak rintangan — baik materi maupun peraturan — sebelum publik merasa percaya diri memasuki dunia metaverse. Namun, itu tidak menghalangi perusahaan atau pemilik merek yang berkantong tebal untuk membangun pengalaman mereka sendiri. Facebook bertaruh besar di Horizon, NVIDIA memimpikan Omniverse, sementara Roblox dan Fortnite sudah menjadi metaverse sebagai wannabe. Tentu saja, Microsoft juga tidak tinggal diam.

Presiden Microsoft, Brad Smith, belum begitu menjual potensi 'revolusioner' dari metaverse mereka. Berbicara kepada Reuters, Smith menyebutkan bahwa memasuki metaverse tidak seperti memasuki dimensi baru.

Untuk memperjelas maksudnya, Smith menambahkan bahwa pengalaman itu "tidak seperti mati dan pergi ke surga." Sebagai referensi, Microsoft baru saja mengumumkan rencana metaverse-nya sendiri dengan Mesh for Teams yang menawarkan avatar 3D dan pertemuan yang lebih imersif. Semuanya menempatkan Microsoft pada jalur yang mirip dengan Meta, yang sebelumnya dikenal sebagai Facebook.

Metaverse dari Microsoft

Smith menambahkan bahwa menciptakan hype untuk metaverse untuk menghasilkan antusiasme adalah tepat. Akan tetapi harus diingat bahwa ini adalah tren teknologi jangka panjang. Dengan versi metaverse Microsoft dan Meta yang sudah mulai terbentuk, manajemen eksekutif Microsoft memperkirakan bahwa lebih banyak pemain besar, seperti Google dan Apple, juga akan segera memasuki segmen dengan metaverse mereka sendiri.

Desas-desus sudah menunjukkan bahwa headset AR / VR pertama Apple mungkin tiba pada awal tahun depan, dan untuk mengikutinya, Apple hampir pasti akan menciptakan pengalaman yang menawarkan sekilas lewat versi metaverse-nya.

Poin penting lain yang dibuat Smith, sebagai pemangku kepentingan tidak bisa begitu saja bergerak ke arah pengembangan metaverse tanpa memperbaiki masalah internet yang ada. “Itu perlu sesuatu yang "lebih aman, lebih pribadi, lebih menghormati, bahkan dari kebutuhan umat manusia," tambah Smith.

Sentimen eksekutif Microsoft sejalan dengan kekhawatiran yang telah dikemukakan banyak orang, terutama dengan keterlibatan mendalam Meta di segmen tersebut. Misalnya, pemangku kepentingan yang sudah lama membuat produk metaverse tidak terlalu tertarik dengan kedatangan Meta.

Belum lagi, dengan banyak perusahaan yang tidak memiliki rekam jejak terbaik dalam privasi dan keamanan data, kerangka peraturan yang kuat, dan pemeriksaan keamanan mungkin menjadi kebutuhan mutlak sebelum Meta, Microsoft, atau versi metaverse apa pun menjadi kenyataan.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Brad Smith Peringatkan Hype Metaverse Bukan Dimensi Dunia Baru, Ini Alasannya!

Selain Presiden Microsoft Brad Smith, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!