Penyebab Gempa di Sumut dan Aceh, BMKG Angkat Suara
Ilustrasi (Foto: Antara)

Bagikan:

MEDAN - Sebanyak 26 gempa bumi terjadi pada minggu pertama di Bulan November 2021 di wilayah Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh. Gempar tersebut dicatat oleh Pusat Gempa Regional Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah 1 Medan.

Adapun Peneliti Pusat Gempa Regional (PGR) BBMKG Wilayah I Medan, Marzuki Sinambela menjelaskan jika gempa yang terjadi pada sepekan terakhir di Sumut dan Aceh diakibatkan aktivitas sesar Sumatera.

另请阅读:


Diakibatkan oleh aktivitas sesar Sumatera

Sebagian pada sesar lokal Aceh yaitu Segmen Aceh Central, di zona Outer Rise Sumatera, Zona Megathrust dan beberapa wilayah Samosir.

"Sebanyak 26 gempa di Aceh dan Sumut dalam sepekan terakhir itu terjadi dengan magnitudo rata-rata di bawah 4.0," kata Marzuki dilansir Antara, Minggu, 7 November.

Sementara itu, Resa Idha, selaku analisis dan fungsional PGR 1 mengungkapkan, dari 26 gempa dalam sepekan terakhir itu, dominan terjadi di darat sebanyak 17 kejadian dan di laut sembilan kejadian.

Kedalaman gempa yang terjadi diklasifikasikan menjadi gempa dangkal (di bawah 60 Km) sebanyak 25 kejadian dan menengah (kedalaman antara 60 km sampai dengan 300 km) sebanyak 1 kejadian.

"Ke-26 gempa tersebut, terjadi tidak signifikan dan tidak dirasakan oleh masyarakat. Kepada masyarakat diimbau tetap waspada dan tidak perlu panik jika terjadi gempa. Peduli pada respons cepat informasi BMKG," katanya.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Pekan Pertama November, 26 Gempa Terjadi di Sumut-Aceh, Ini Penyebabnya

Selain Penyebab Gempa di Sumut dan Aceh, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Terkait