BMKG Jelaskan Penyebab Gempa di Wilayah Sumatera
Gempa yang terjadi di Sabang, Aceh. tidak berpotensi tsunami. (Gambar- ANTARA)

Bagikan:

MEDAN – Gempa terjadi di pada hari Rabu 28 April pukul 10:32:05 WIB di Kota Sabang, Aceh. BMKG menjelaskan jika magnitudo gempa adalah 3,5 dan merupakan jenis gempa bumi dangkal yang disebabkan aktifitas sesar aktif pada sistem sesar Sumatera di segmen Aceh.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif, sistem sesar Sumatera pada segmen Aceh," jelas Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hartanto, dilansir dari Antara, Rabu 28 April.

Gempa Ada di Kedalaman 3 Kilometer

BMKG menganalisa jika kekuatan gempa bumi tersebut bermagnitudo 3,5, episenter dan terletak pada koordinat 5.79 LU dan 95.30 BT.

Gempa, tepatnya berada di laut pada jarak 11 km Barat Daya Kota-Sabang-Aceh pada kedalaman 3 kilometer.

Sementara itu, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, dirasakan di wilayah Kota-Sabang dengan Skala Intensitas II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," jelasnya.

BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Selain penjelasan BMKG terkait penyebab gempa di Sumatera, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!