Helium-3 dari Bulan dapat Digunakan Sebagai Energi Hijau di Bumi
Bulan menyediakan energi Helium-3 yang tak terhingga. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

MEDAN - Kini sumber daya ruang angkasa akan segera diekplorasi untuk dijadikan energi. Menurut seorang mantan analis ruang angkasa CIA memperingatkan, bahwa perubahan itu kini berlangsung sangat cepat.

Perlu diketahui tenaga luar angkasa surya, penambangan asteroid multi-miliar, dan sumber daya Helium-3 di Bulan siap untuk diperebutkan. Akibatnya, AS, Cina, Rusia, Eropa, Inggris, dan negara-negara lain terlibat dalam perang diam-diam ini.

Perang Perebutan Helium-3 di Bulan 

Jika hari ini dunia beralih sepenuhnya ke energi hijau — dengan mencabut bahan bakar fosil, jaringan listrik akan runtuh dalam upaya terakhir untuk memenuhi permintaan. Fusi Helium-3 telah disajikan sebagai "Cawan Suci" energi.

Fusi Helium-3 inilah yang memberi kekuatan pada Matahari dan bintang-bintang kita. Ini tidak menghasilkan limbah radioaktif, dan hanya 25 ton yang bisa memberi daya ke seluruh negara selama setahun. Namun saat ini hanya ada 100 kilogram Helium-3 di planet kita.

Saat misi Artemis Moon bergerak maju, NASA dan Intuitive Machines mengumumkan tempat pendaratan untuk latihan Luna. Ilmu pengetahuan mengatakan ada 1,1 juta metrik ton helium-3 di Bulan, cukup untuk memenuhi kebutuhan energi manusia hingga 10.000 tahun.

Akan tetapi, mantan pejabat CIA, Pendiri, dan Direktur Eksekutif Foundation for the Future, Tim Chrisman, mengatakan politik di AS tertinggal dan kehilangan gambaran yang lebih besar. Pada saat yang sama, China telah membuang semua sumber daya dan dana yang dibutuhkan untuk penambangan luar angkasa.

Chrisman mengatakan bahwa apakah publik mengetahuinya atau tidak, namun perlombaan untuk menambang Helium-3 sedang dalam perjalanan. Chrisman menambahkan bahwa siapa pun yang mencapainya lebih dulu membuat perbedaan besar, memanfaatkan politik global dan ekonomi dunia.

Mereka yang menentang penambangan Helium-3 berpendapat bahwa membawa kembali berton-ton material ke pesawat ruang angkasa kecil, biayanya terlalu mahal. Namun pesawat ruang angkasa seperti Starship milik Elon Musk, dengan kapasitas mingguan mengangkut 100 ton menggunakan pesawat yang sama, bisa menghentikan argumen itu.

Chrisman menyerukan aparatur politik di AS untuk melampaui visi yang sudah mapan tentang ruang angkasa sebagai "cukup berguna" dan untuk memahami potensi penuhnya. Keputusan yang dibuat hari ini akan memiliki konsekuensi historis di masa depan. “Bulan akan menjadi tempat pertama sumber daya apa pun akan diekstraksi,” Chrisman meyakinkan.

Chrisman percaya kesalahpahaman lain tentang ruang perlu ditangani. “Komunitas luar angkasa berbicara tentang eksplorasi dan pengembangan luar angkasa seolah-olah itu adalah fiksi ilmiah yang hidup. Kita harus berhenti berpura-pura ruang itu sulit,” kata Chrisman. Tujuannya adalah untuk membuat perbedaan dengan memanfaatkan tempat tinggal manusia di luar angkasa, menghasilkan pekerjaan, dan proyek energi di luar angkasa..

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Helium-3 di Bulan Bisa Dieksplorasi untuk Menjadi Energi Hijau bagi Planet Bumi, Banyak Negara Sudah Berminat

Selain Helium-3 dari Bulan , ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!