Berikut Perbedaan Planet Dalam dan Luar di Tata Surya?
Ilustrasi planet di tata surya (ExoPlanets)

Bagikan:

MEDAN – Manusia pra-sejarah memaknai planet di luar angkasa dan bintang sebagai perwujudan dewa. Mereka menghubungkan objek ini, serta pergerakannya, dengan fenomena di bumi. Seperti hujan, banjir, perubahan cuaca, hingga gelombang pasang.

Lambat laut, ketika huruf ditemukan, pengetahuan diproduksi dan disebarluaskan, pemahaman manusia terhadap benda langit mulai berkembang. Kini, kita mengenal sistem galaksi, bintang, satelit, tata surya, hingga lubang hitam.

Planet di Tata Surya Masih Menyimpan Banyak Misteri

Sedangkan di antara jutaan jenis benda langit, planet di tata surya masih menyimpan banyak misteri. Dan untuk menguaknya secara perlahan, ada baiknya kita mengenali sistem planet di tata surya kita.

Planet merupakan benda langit yang tidak bisa memancarkan cahaya sendiri. Planet bergerak mengitari matahari dalam gerakan yang disebut revolusi.

Berdasarkan temuan dan ketentuan dari para astronom, terdapat delapan planet yang mengelilingi matahari  dalam sistem tata surya. Seluruh planet tersebut masih dibagi lagi ke dalam dua kategori. Yakni kategori planet luar dan planet dalam.

Beda Planet Dalam dan Planet Luar

Mengutip CK.12,  para astronom membagi planet dalam dua jenis berdasarkan lokasinya diukur dari orbit asteroid. Jadi, bisa disimpulkan bahwa planet dalam adalah planet yang berada di dalam sabuk asteroir.

Sementara itu, planet luar merupakan planet yang letaknya di luar sabuk asteroid. Dan karena pembagian tersebut, masing-masing jenis diisi oleh empat planet.

Untuk planet dalam, terdiri atas Venus, Mars, Merkurius, dan Bumi. Karakteristik dari jenis planet ini biasanya memiliki suhu yang tinggi, durasi revolusi yang lebih pendek, serta rotasi planet yang lebih lambat.

Dipandang dari sisi geologis, planet dalam biasanya tersusun atas batu dan inti besi. Karena lokasinya dekat dengan matahari, planet dalam biaasnya tidak memiliki banyak satelit.

Seperti diketahui, Mercurius dan Venus merupakan planet di dalam tata surya yang tidak memiliki satelit. Sedangkan Bumi memiliki satu satelit (yaitu bulan) dan Mars punya dua.

Sebaliknya, planet luar adalah planet yang lokasinya berada di luar sabuk asteroid. Dan yang termasuk dalam planet luar antara lain Jupiter, Uranus, Saturnus, dan Neptunus.

Rata-rata planet luar memiliki ukuran yang lebih besar ketimbang planet dalam. Dan sebagian besar planet luar tersusun atas unsusr gas serta air. Oleh karena itu, ada pula astronom yang menyebutnya sebagai Gas Raksasa.

Gas Raksasa ini tersusun atas hidrogen dan helium yang menjadi unsur utama. Pula, elemen yang sama yang juga menyusun Matahari.

Seluruh planet luar memiliki satelit dalam jumlah banyak. Tak hanya itu, rata-rata planet luar juga memiliki cincin planet –yang tersusun atas debu dan partikel kecil lain yang mengelilingi planet.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Berkenalan dengan Planet Dalam dan Luar di Tata Surya, Apa Bedanya?.

Selain Perbedaan Planet Dalam dan Luar di Tata Surya, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!