Keindahan Danau Toba Sumatera Utara Terhalangi Semak-Semak
Tumbuhan di pinggir ruas jalan KSPN Danau Toba di lintas Tanjung Dolok, Kabupaten Simalungun. (FOTO ANTARA/Waristo)

Bagikan:

MEDAN - Danau Toba merupakan tujuan wisata yang sangat ikonik di Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Namun berbagai tumbuhan ilalang yang ada di pinggiran ruas jalan kawasan Danau Toba cukup mengganggu kenyamanan wisatawan dan pelintas menikmati keindahannya.

Perlu diketahui, di Kabupaten Simalungun, ruas jalan tersebut meliputi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba lintas Parapat, Tanjung Dolok, Tigaras, Simarjarunjung dan Haranggaol.

Tanaman Liar Subur di Jalan Menuju Danau Toba

Di banyak titik, selain lahan warga yang ditata dan dimanfaatkan sebagai rest area wisata, tanaman liar itu tumbuh subur.

Bahkan bagian tumbuhan mengarah ke ruas jalan, menutupi pembatas jalan dan menghalangi pandangan pengemudi.

"Terlalu tinggi, jadinya pandangan kita terhalang. Lagian menyemak," kata Efendi (54), warga Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, Jumat (19/11).

Diharapkan, Pemerintah juga memperhatikan hal-hal sepele yang bisa memberikan kesan buruk pada upaya memajukan wisata Danau Toba sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Diusulkan supaya tumbuhan di pinggiran ruas jalan seputaran Danau Toba dirawat secara apik supaya lebih memanjakan para pelintas.

Selain Danau Toba Sumatera Utara, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!