Wacana Revitalisasi Danau Siombak, Bobby Nasution: Pemkot Siap Mendukung
Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama Wakil Walkot Aulia Rachman/DOK Instagram bobbynst

Bagikan:

MEDAN - Soal revitalisasi Danau Siombak di Medan Sumatera Utara, Wali Kota Bobby Nasution meminta Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II agar segera merevitalisasi.

Bobby ingin danau yang berada di Kelurahan Paya Pasir, Medan Marelan tersebut segera ditangani. "Kami ingin agar tahun depan ada perbaikan Danau Siombak, dan Pemkot Medan siap mendukung pengerjaan yang dilakukan BWS Sumatera II," terang Bobby Nasution di Medan, Minggu, 21 November.

Manfaat Revitalisasi Danau Siombak 

Bobby Nasution mengatakan keberadaan danau buatan dengan luas sekitar 40 hektare ini memiliki banyak potensi yang bisa dimanfaatkan, salah satunya sebagai tempat penampungan air.

Danau Siombak sebagai tempat penampungan air karena memiliki diameter sekitar 1.000 meter dan kedalaman 12 meter dinilai sangat baik mengatasi persoalan banjir di kawasan Medan Utara.

"Oleh sebab itu, kami berharap revitalisasi Danau Siombak masuk ke dalam program kerja BWS Sumatera II, sehingga masyarakat Kota Medan bisa terhindar dari persoalan banjir," jelas Bobby Nasution.

Sementara itu, Kepala BWS Sumatera II, Maman Noprayamin mengatakan telah memetakan permasalahan di sekitar Danau Siombak, yakni banjir rob, kenaikan muka air laut, sampah, kualitas air, dan sedimentasi (pendangkalan).

"Untuk mengatasi kelima permasalahan itu, kami mengusulkan agar dibangun tanggul," katanya dalam pertemuan pekan ini di Kantor BWS Sumatera II.

Sedangkan permasalahan kualitas air, lanjut dia, bisa diatasi dengan instalasi pengolahan air (water treatment plant/ WTP) dan mengedukasi masyarakat untuk menjaga kualitas air.

"Untuk sampah, kami sarankan dibangun trash rack (alat penyaring sampah) dan edukasi warga agar tidak membuang sampah sembarangan. Terakhir sedimentasi dengan sediment trap (perangkap endapan)," tutur Maman.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Wali Kota Medan Bobby Nasution Minta Segera Revitalisasi Danau Siombak

Selain Revitalisasi Danau Siombak, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!