Bangga, Universitas Islam Sumatera utara Capai Prestasi Nasional
Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin bersama Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU Prof. Ismet Danial Nasution

Bagikan:

MEDAN - Baru-baru ini Universitas Islam Sumatera utara (UISU) kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional.

UISU menjadi salah satu PTS di Indonesia yang berhasil memenangkan hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Afirmasi 2021 yang dilaksanakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI.

Berdasarkan pengumuman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 0793.E.E1/KM.02.01/2021 disebutkan bahwa berdasarkan seleksi program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Afirmasi oleh Dirjen Pendidikan TInggi, RIset dan Teknologi UISU merupakan salah salah satu Perguruan Tinggi Swasta Penerima bantuan PKKM Afirmasi tahun anggaran 2021.

Hanya 69 PTS yang lolos seleksi PKKM Afirmasi 2021, Salah Satunya UISU

Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP kepada wartawan Senin (22/11) mengaku bersyukur atas pencapaian yang diperoleh UISU.

“Ini membuktikan bahwa UISU mampu bersaing di tingkat nasional dengan perguruan tinggi lainnya di Indonesia. Alhamdulillah ini menjadi semangat dan momentum untuk kemajuan UISU di masa mendatang,”ujarnya.

PKKM Afirmasi 2021 merupakan program untuk meningkatkan pelaksanaan transformasi Pendidikan tinggi serta mengakselerasi pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) bagi perguruan tinggi swasta dengan menerapkan azas keadilan dan afirmatif.

Indikator kinerja utama (IKU) perguruan tinggi merupakan ukuran atau bisa disebut juga sebagai indikator kinerja dari sebuah instansi pendidikan sebagai upaya untuk membuat instansi fokus mencapai target dan tujuan tertentu.

Perumusan IKU oleh Kemendikbud bertujuan untuk memudahkan setiap instansi pendidikan dalam meraih target dan melakukan perbaikan kualitas. Selain itu memberi kemudahan untuk mengukur perkembangan yang berhasil dicapai oleh instansi pendidikan tersebut.

Adapun kedelapan IKU yang ditetapkan pemerintah yakni lulusan mendapat pekerjaan yang layak, mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus, dosen berkegiatan di luar kampus, praktisi mengajar di dalam kampus.

Hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat, program studi bekerjasama dengan mitra kelas dunia,kelas yang kolaboratif dan partisipatif, program studi berstandar internasional.

Masih menurut Rektor UISU, bahwa keberhasilan pengajuan proposal PKKM Afirmasi 2021 ini diharapkan dapat menambah semangat dan motivasi bagi seluruh civitas akademika UISU untuk bersama-sama memajukan UISU menuju perguruan tinggi yang unggul.

Salah satunya dengan percepatan pencapaian indikator kinerja utama perguruan tinggi seperti yang dipersyaratkan pemerintah.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU Prof. Ismet Danial Nasution secara terpisah mengucapkan selamat atas lolosnya UISU menjadi salah satu PTS yang mendapat hibah PKKM Afirmasi 2021.

Keberhasilan itu harus menjadi spirit bagi selutuh civitas akademika UISU untuk mewujudkan visi UISU menjadi Perguruan tinggi yang Islami, andal, teruji, bermartabat mulia, dicintai masyarakat dan diridhoi Allah SWT.

Pihaknya berharap, dana hibah yang diterima UISU khususnya untuk prodi pendidikan Biologi dan Pendidikan Matematika dapat dipergunakan semaksimal mungkin sesuai dengan tujuan PKKM Afirmasi 2021 dalam rangka pencapaian Iku Perguruan Tinggi.

Ia juga menyampaikan apresiasi dan sekaligus terimakasih kepada Rektor beserta seluruh jajarannya yang telah mempersiapkan dokumen boring pengusulan hibah PKKM Afirmasi 2021 ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI.

Selain Universitas Islam Sumatera utara, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!