Liburan Habis, Berikut Tips Memilih Kemeja Wanita untuk Dipakai Kerja
Ilustrasi kemeja (andrea piacquadio/pexels)

Bagikan:

MEDAN - Memilih kemeja seperti blazer adalah investasi utama bagi kaum wanita. Kemeja adalah baju penting wanita bekerja karena luwes dipadankan dengan apa saja dan formal.

Lantas apa sajakah kriteria dalam memilih kemeja yang tepat? Berikut empat tips memilih kemeja wanita?

1. Berukuran pas

Kemeja yang berukuran pas (tidak kekecilan dan tidak kebesaran) menjadi hal terpenting. Anda akan beraktivitas seharian penuh, karena itu keleluasaan dalam bergerak dan nyaman amat dibutuhkan.

Bila Anda menahan perut seharian saat mengenakan kemeja tersebut, berarti kemeja Anda terlalu ketat. Bila tubuh Anda kelihatan ‘tenggelam’. Artinya kemeja itu kebesaran. Lantas, apa kriteria dan penanda ukuran yang pas pada kemeja wanita? Saat mencoba kemeja di toko, perhatikan bagian kancingnya.

Saat terkancing, tepian kancing harus menempel sempurna dan tidak kelihatan terbuka-buka. Kemeja pun sebaiknya mengikuti lekuk tubuh pada area pinggang dan punggung. Kemeja terlalu ketat bila Anda merasa kesulitan menekuk lengan atau memeluk diri sendiri. Jadi pastikan kemeja Anda berukuran pas.

2. Hindari kemeja ngatung

Panjang kemeja menjadi penting. Kemeja formal seharusnya tetap menutupi perut dan punggung saat Anda mengangkat tangan atau setelah berjongkok dan duduk.

Begitupun dengan posisi kemeja saat dimasukkan ke rok bawahan atau celana. Bila terlalu sering keluar dari garis batas celana atau rok, berarti kemeja Anda terlalu pendek.

3. Pilih Bahan Ternyaman

Dikenakan beraktivitas seharian penuh, material yang breathable dan sejuk menjadi penting. Katun tentu menjadi pilihan utama. 100 persen katun terasa nyaman di kulit, kuat, nyaman dan mudah perawatannya.

Katun memang nyaman, namun kadang sifatnya yang natural itu membuatnya mudah kusut. Padahal di kala bekerja Anda perlu tampil selalu prima. Rayon atau Tencel dapat menjadi alternatif material yang nyaman, sejuk, ringan dan tidak mudah kusut.

4. Perhatikan ujung lengan dan kerah

Bila membeli kemeja lengan panjang, pastikan memiliki manset yang memudahkan Anda melipatnya saat dibutuhkan. Panjang lengan harus dapat menutupi pergelangan tangan dengan leluasa saat lengan ditekuk ataupun lurus.

Lengan kemeja yang terlalu pendek ataupun terlalu panjang akan terlihat janggal dengan keseluruhan penampilan Anda. Jangan lupakan area kerah. Kerah kemaja akan menjadi bingkai wajah Anda. Saat bertatap muka dan berbincang, kerah akan menjadi hal pertama dari pakaian Anda yang tampak. Kerah yang baik tentunya tidak memiliki lingkar leher yang terlalu ketat.

Selain itu, kerah juga harus tampak kokoh dan lurus dengan lapisan pengeras didalamnya. Kekokohan kerah Anda menunjukkan perhatian mendetail dalam berpakaian dan pekerjaan Anda.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Tips Penting Memilih Kemeja Wanita untuk Dipakai ke Kantor

Selain Tips Memilih Kemeja Wanita untuk Dipakai Kerja, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!