Mumi Amenhotep I Dapat Dilihat Wajah dan Detailnya dengan Teknologi Digital
Para peneliti di Universitas Kairo baru-baru ini mendigitalkan Amenhotep.(foto: The Sydney Morning Herald)

Bagikan:

MEDAN - Canggih, para arkeolog menemukan mumi Amenhotep I di Deir el-Bahari, sebuah desa di Lembah Para Raja Mesir, pada tahun 1881.

Akan tetapi para ilmuwan tidak dapat membukanya selama 140 tahun karena mereka takut merusak topeng dan perban wajahnya yang berornamen.

Sejak tahun 1902, mumi raja-raja Mesir dipindahkan ke Museum Mesir di Tahrir di Kairo, di mana mereka tetap ada sampai sekarang. Mumi Amenhotep I tetap terbungkus bahkan setelah hampir seabad.

Teknologi tomografi komputer untuk Melihat Mumi Amenhotep I

Menariknya, berkat teknologi tomografi komputer (CT), mereka tidak perlu membuka mumi dengan cara tradisional. Para peneliti di Universitas Kairo baru-baru ini mendigitalkan Amenhotep untuk mengungkap lebih banyak detail tentang kehidupan dan dinastinya.

Penulis utama studi tersebut, Dr. Sahar Saleem, mengatakan kepada PA Media, rincian yang mereka temukan, dengan mengatakan Amenhotep berusia sekitar 35 tahun ketika dia meninggal.

"Amenhotep saya sepertinya secara fisik mirip dengan ayahnya: dia memiliki dagu yang sempit, hidung yang kecil, rambut yang keriting, dan gigi atas yang sedikit menonjol," kata Dr. Saleem, seperti dikutip techtimes.

Tampaknya dia tidak menderita luka luar yang menyebabkan kematiannya. Namun, mereka menemukan bahwa perampok kuburan mungkin telah menyebabkan berbagai luka post-mortem pada tubuh.

Setelah kematian Amenhotep, para pendeta dari dinasti ke-21 menyambung kembali kepala dan lehernya menggunakan pita linen yang diberi resin, bersama dengan sekitar 30 jimat yang mereka temukan tersembunyi di antara perbannya.

Dengan model 3D dari mumi yang dibungkus, masing-masing bagiannya dapat dilihat: topeng kepala, perban di sekitar mumi, dan mumi itu sendiri.

Melalui pembukaan mumi digital, lapisan-lapisan dikupas dari mumi untuk mengungkapkan eksterior dan interiornya, memungkinkan para arkeolog dan peneliti untuk mempelajarinya secara rinci.

Nilai Historis dari Mumi Amenhotep I

Dengan membuka bungkus digital ini, para peneliti dapat memberikan wawasan tentang salah satu periode paling menarik dalam sejarah Mesir, periode Kerajaan Baru di bawah Amenhotep I, melalui bantuan teknologi.

Dia adalah firaun pertama dari dinasti ke-18 Mesir, yang akan mencakup Akhenaten, firaun "sesat" yang menantang yang memperkenalkan kerajaannya pada agama monoteistik yang berputar mengelilingi matahari.

Amenhotep memerintah antara 1525 dan 1504 SM dan merupakan Tutankhamun atau ayah Raja Tut.

Pada tahun 1977, para arkeolog menggunakan CT scan untuk memeriksa mumi untuk pertama kalinya. Karena teknologi telah berkembang dan menjadi lebih mudah diakses, para peneliti dapat mempelajari mumi dengan cara yang tidak dapat mereka lakukan sebelumnya.

"Kami menunjukkan bahwa pencitraan CT dapat digunakan secara menguntungkan dalam studi antropologi dan arkeologi pada mumi, termasuk yang berasal dari peradaban lain, misalnya Peru," simpul Saleem.

Intervensi mumi dan pemakaman Amenhotep I dapat sangat dijelaskan melalui pembukaan bungkus digital menggunakan pemindai CT, mengungkapkan atribut fisik Raja secara non-invasif, memahami mumifikasi pada awal Dinasti ke-18, dan menentukan prosedur pemakaman untuk Dinasti ke-21..

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Lewat Teknologi Digital Ilmuwan Bedah Mumi Amenhotep I, Tanpa Rusak Topeng dan Perban

Selain Mumi Amenhotep I, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!