Jelang PTM 100 Persen di  Sumut, DPRD Minta Perketat Prokes
Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting (ANTARA/HO)

Bagikan:

MEDAN - Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Baskami Ginting meminta seluruh pemerintah daerah untuk tetap memperketat penerapan protokol kesehatan (prokes) jelang pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen.

Baskami menjelaskan merujuk surat keputusan bersama (SKB) empat menteri tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi COVID-19, daerah sudah diperbolehkan menggelar PTM 100 persen. Namun, tergantung capaian vaksinasi dan level PPKM di masing-masing daerah.

"PTM dengan kapasitas 100 persen tetap harus menerapkan prokes yang ketat," ujarnya di Medan, Rabu (5/1).

PTM 100 Persen di Sumut, Lama Kelas 6 Jam

Politikus PDIP itu mengatakan penerapan prokes yang ketat dilakukan dalam rangka menekan angka penyebaran virus COVID-19 terutama varian Omicron.

Selain itu, Ia juga mengingatkan pentingnya menggenjot pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk tenaga pendidik serta anak usia enam sampai sebelas.

Kendati PTM dengan kapasitas 100 persen sudah dilakukan, pemerintah juga harus mengakomodir keinginan orang tua yang belum setuju anaknya mengikuti PTM.

"Dinas pendidikan perlu mengakomodir orang tua yang masih belum yakin melepas anaknya untuk PTM. Contohnya dengan memberlakukan pembelajaran jarak jauh," jelasnya.

Baskami menjelaskan sesuai SKB 4 menteri tersebut, satuan pendidikan di level PPKM 1 dan 2, bisa melaksanakan PTM terbatas setiap hari.

"Dilakukan dengan kapasitas 100 persen dari ruang kelas, dan lama belajar maksimal enam jam per hari," jelasnya.

Akan tetapi, lanjut Baskami, dengan syarat capaian vaksinasi dosis 2 pada tenaga kependidikan di atas 80 persen dan masyarakat lanjut usia di atas 50 persen.

Dikatakannya, di daerah dengan PPKM level 3, PTM bisa dilaksanakan setiap hari secara bergantian dengan kapasitas 50 persen dan lama belajar empat jam per hari.

"Dengan syarat, capaian vaksinasi dosis 2 pada tenaga kependidikan paling sedikit 40 persen dan masyarakat lanjut usia paling sedikit 10 persen," jelasnya.

Selain PTM 100 Persen di Sumut, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!