Soal Ujaran 'Allahmu Lemah', Ferdinand Hutahean Diperiksa Polisi Hari Ini
Ferdinand Hutahaean (Foto: Twitter @FerdinandHaean3)

Bagikan:

MEDAN - Ferdinand Hutahaean yang merupakan Mantan politikus Demokrat,  akan menjalani pemeriksaan hari ini, Senin, 10 Januari, terkait penyidikan kasus 'Allahmu ternyata lemah'.

Perlu diketahui, Ferdinand Hutahaean sendiri telah meminta maaf di tengah penyidikan kasus itu. Namun, Polri tetap melanjutkan proses hukum kasus cuitan Ferdinand.

Ferdinand mengaku siap memenuhi pemeriksaan tersebut. Pemeriksaan sebagai saksi rencananya bakal digelar di Mabes Polri pukul 10.00 WIB.

Ferdinand Hutahean Berjanji Tidak akan Kabur

"Saya dijadwalkan jam 10 pagi dan saya akan upayakan hadir tepat waktu di sana. Saya besok akan memenuhi," ujar Ferdinand, Minggu, 9 Januari.

Dia menegaskan, tidak akan kabur dari panggilan polisi tersebut. "Saya tidak akan mencari-cari alasan untuk tidak kooperatif atau menghindar atau bahkan kabur," sambungnya.

Ferdinand memastikan, dirinya akan bersikap kooperatif terhadap proses penyidikan yang berjalan. Sambil berseloroh, dia menyebut hanya kondisi darurat di Jakarta yang membuatnya tidak memenuhi panggilan tersebut.

"Jadi saya pastikan besok akan hadir di Bareskrim Polri menghadap tim Siber sana. Kecuali ya ada hal-hal di luar kuasa saya misalnya ini Jakarta tiba-tiba meledak hancur berantakan nggak mungkin saya bisa hadir. Tapi kalau situasi normal saya pasti hadir besok," kata Ferdinand.

Sudah Siapkan Bukti Tuduhan

Ferdinand Hutahean mengaku sudah mempersiapkan bukti atas tuduhan pelaporan dirinya. Salah satu bukti yang akan dibawa adalah dokumen yang menunjukkan bahwa dirinya sudah mualaf.

"Iya itu salah satunya itu (bukti mualaf, red). Tapi intinya adalah dokumen-dokumen yang saya sampaikan itu adalah yang memperkuat pernyataan saya dan memperkuat siapa saya, menjelaskan siapa saya bahwa yang dituduhkan pelapor itu salah yang dituduhkan pelapor Ferdinand itu Kristen salah," jelas Ferdinand.

Namun dia belum memerinci terkait bukti yang akan dibawanya nanti. "Kalau saya mempersiapkan ya data-data, dokumen-dokumen yang perlu saya siapkan untuk mendukung apa yang saya nyatakan. Jadi besok kan saya mengklarifikasi bahwa apa yang saya maksud dan substansi dari cuitan saya," kata Ferdinand.

Menurut Ferdinand, cuitannya tersebut menjadi gaduh akibat pelapor dan publik yang menganggap dia beragama Kristen. Pelapor, katanya, kemudian menggiring cuitannya tersebut seolah-olah membandingkan agama Kristen dan Islam.

"Yang buat gaduh itu justru adalah orang lain bukan saya. Terutama Haris Pratama itu bandingkan dengan Kristen dan Islam, urusan apa cuitan saya dengan Kristen dan Islam. Saya sedang bicara tentang Tuhan bukan agama. Apalagi dia bilang Tuhannya Ferdinand itu kan beda dengan saya. Dia tidak tahu saya siapa. Itu yang buat gaduh," terang Ferdinand.

Menurutnya pula, yang dituduhkan kepadanya itu adalah soal menghina Tuhan salah. Karena itu, dokumen tersebut yang akan disampaikan dan juga pendapat para tokoh.

"Ini akan kita siapkan semua dan kita serahkan ke penyidik. Itu akan menjadi pertimbangan," tambahnya.

Diketahui, kasus cuitan Ferdinand di Bareskrim Mabes Polri kini telah dinaikkan ke tingkat penyidikan. Artinya, polisi telah mengantongi adanya tindakan pelanggaran pidana dalam kasus tersebut.

Ferdinand pun menanggapi indikasi jika dirinya ditetapkan sebagai tersangka. Dia menyebut akan memberikan perlawanan jika nantinya ditetapkan tersangka oleh polisi.

"Kalau sampai itu nanti diperiksa dan statusnya dinaikkan jadi tersangka segala macam ya kita akan lawan kita akan lawan secara hukum. Saya akan lawan secara opini karena bahaya kalau pemikiran seperti itu kemudian harus dipenjara," tegas Ferdinand.

Sementara, tambahnya, statement pihak lain yang menghina agama yang berbeda tidak diproses hukum.

"Saya akan melawan dengan keras, saya akan melawan secara hukum dan opini. Ya biarin aja Indonesia ini akan bubar ributlah," tandasnya.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Diperiksa Polisi Hari Ini, Ferdinand Hutahean Sudah Siapkan Bukti

Selain Ferdinand Hutahean, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!