Viral Makam Ipin Upin di Palu Sulawesi, Begini Kisahnya
Upin dan Ipin (Foto: ANTARA)

Bagikan:

MEDAN - Baru-baru ini viral makam Ipin Upin di Palu Sulawesi yang menggegerkan netizen. Sejumlah spekulasi dan teori konspirasi pun berkembang.

Terkait dengan hal itu, perusahaan animasi Upin dan Ipin asal Malaysia, Les' Copaque Production Sdn. Bhd membantah kabar yang beredar kalau Upin dan Ipin meninggal dalam kecelakaan saat berlibur di Sulawesi.

Rumah Produksi Ipin Upin Membantah

"Upin Ipin sehat dan mereka bersekolah dan semua peminat tidak perlu risau. Mereka akan muncul dalam musim baru tidak lama lagi," ujar salah satu pendiri Les' Copaque Production Sdn. Bhd, Hj Burhan Radzi dalam keterangannya di Kuala Lumpur, Selasa, 18 Januari.

Burhan menjelaskan pihaknya sudah biasa dengan begitu banyak ide gila tentang Upin Ipin oleh para peminat, hal itu dapat dipahami karena Upin Ipin sangat popular.

"Banyak netizen mengambil kesempatan dari popularitas Upin dan Ipin untuk menaikkan akun media sosial mereka. Kadang-kadang cerita yang mereka kaitkan dengan tidak sesuai dengan keinginan anda tetapi anda tidak bisa mengawalnya," katanya.

Burhan mengatakan, semalam dirinya terkejut saat tim media-nya membagikan artikel berita dari media online Indonesia.

"Dinyatakan bahwa mereka mengambil artikel dari akun Tik Tok mengenai Upin Ipin meninggal dunia akibat kecelakaan ketika berlibur di Sulawesi, Indonesia. Saya juga menerima e-mail dari portal berita dalam jaringan dari Jakarta meminta konfirmasi," katanya.

Melalui Twitter, perusahaan tersebut juga memberikan klarifikasi mengenai ide cerita dari Upin dan Ipin. Bahkan Les' Copaque Production Sdn. Bhd juga menjelaskan mengapa Upin dan Ipin botak dan hanya punya satu helai rambut.

Mengapa Ipin Upin Botak?

"Pihak LCP terpaksa memendekkan kos dan mempercepatkan proses pembuatan. Nak buat rambut ketika itu terlalu memakan masa. Maka, Upin dan Ipin direka botak terapin Upin ada sehelau rambut," tulisnya di akun @lescopaque.

Lantas bagaimana cerita sebenarnya dari makam Upin dan Ipin yang viral? Dikutip dari berbagai sumber, Anca paman dari almarhum Upin dan Ipin buka suara soal kisah mendiang bayi kembar itu.

Anca menyebut nama yang tertera di batu nisan pada makam itu bukan lah nama aslinya. Mendiang anak kembar itu meninggal dunia dan dikubur tanpa nama. Setelah bertahun-tahun berlalu, mereka akhirnya memutuskan untuk memberi nama Upin dan Ipin pada batu nisan agar yang berziarah lebih mudah mencari makamnya.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Ini Kisah Asli Makam Ipin Upin di Palu, Sulawesi

Selain Makam Ipin Upin di Palu Sulawesi, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!