Prabowo dan Hasyim soal Proyek IKN Baru, Gerindra: Tidak Ada Kepentingan
Prabowo Subianto (Foto: Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

MEDAN - Terkait dengan dugaan kepentingan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan adiknya Hasyim Djojohadikusumo di pembangunan IKN, Partai Gerindra membantah.

"Tidak benar jika Pak Prabowo atau adiknya punya interest pribadi atas keputusan kepindahan ibukota," ujar Jurubicara Partai Gerindra Habiburokhman, Senin, 24 Januari.

Habiburokhman menegaskan, pemindahan ibukota merupakan keputusan eksekutif yang disetujui legislatif.

Pemindahan Ibu Kota adalah Keputusan Eksekutif

Lagipula, kata Anggota Komisi III DPR RI itu, Kementerian Pertahanan juga bukan sebagai pelaksana. Sehingga Prabowo yang menjadi menteri di kementerian tersebut tidak berkepentingan apapun.

"Kemenhan juga bukan leading sector," demikian Habiburokhman.

Sebelumnya, Ekonom senior Faisal Basri mengkritik pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur. Di awal, Faisal membicarakan sistem pemerintahan ibu kota negara (IKN) yang akan dipimpin oleh otorita.

"Mengapa otorita, karena pemerintah ingin melakukan pembangunan ini dengan ugal-ugalan," ucap Faisal.

Sosok yang Terlibat Proyek Besar Pembangunan IKN

Lebih lanjut Faisal bicara tentang pemerintah yang sudah bagi-bagi 'rezeki'. Ekonom Universitas Indonesia itu menyinggung sejumlah sosok yang disebut terlibat proyek besar ibu kota baru.

Yang pertama disebutkan adalah politikus Gerindra Hashim Djojohadikusumo. Ia dikatakan oleh Faisal dapat 'rezeki' pengadaan air bersih di ibu kota baru.

"Semua nanti ditunjuk langsung, bahkan sudah ada yang ditunjuk, misalnya Hashim Djojohadikusumo memperoleh rezeki dapat pengadaan air bersih. Undang-undang belum ada sudah dibagi, apalagi undang-undangnya sudah ada," pungkas Faisal.

Sementara itu, kakak Hashim, Prabowo Subianto, dan pengusaha Sukanto Tanoto adalah pihak yang disebut mengelola lahan ibu kota baru. "Kita tahu lahannya dikelola oleh Prabowo dan Sukanto Tanoto. Kita tidak tahu bagaimana perundingannya," tegas ekonom kelahiran Bandung, 6 November 1959, itu.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Gerindra Tegaskan Prabowo dan Adiknya Tak Punya Kepentingan di Proyek IKN Baru

Selain Prabowo, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!