Tiga Nama Calon Sekda Sumut Akhirnya Dikirimkan ke Istana
Kantor Gubernur Sumatera Utara (ANTARA/HO-Wikipedia)

Bagikan:

MEDAN - Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi telah mengirimkan tiga nama calon sekretaris daerah ke Istana Negara, melalui Kementerian Dalam Negeri. Selanjutnya Tim Penilai Akhir (TPA) yang diketuai oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan memilih satu nama untuk menjadi Sekda Sumut.

Pj Sekda Sumut Afifi Lubis mengatakan tiga nama calon pengganti dirinya merupakan pilihan dari tim seleksi berdasarkan nilai hasil tahapan yang telah dijalani sebelumnya.

"Kemarin itu sudah kita kirim tiga nama calon ke Kemendagri. Merekalah yang kemudian mengirimkan tiga nama itu ke Istana, ke TPA yang diketuai Pak Wapres," ujarnya di Medan, Rabu 9 Februari.

3 Calon Sekda Sumut Diserahkan Gubsu

Sebelum dikirim, kata dia, tiga nama itu terlebih dahulu diserahkan ke Gubsu Edy Rahmayadi. Sebelum dikirim ke Istana Negara melalui Kemendagri, tiga nama calon Sekda Sumut itu dikirim ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk dilakukan tracing dan verifikasi.

Setelah diverifikasi KASN, tiga nama calon itu pun diterima gubernur, yang kemudian dikirimkan ke Kemendagri, hingga akhirnya nanti TPA yang memilih satu dari tiga nama itu untuk ditetapkan Presiden RI Joko Widodo menjadi Sekda Sumut.

Sayangnya dia tidak mau menyebut siapa tiga nama calon penggantinya itu. Menurut dia bukan kewenangannya untuk mengumumkan.

"Waduh jangan sayalah, gak kapasitas kita pula yang menjelaskan itu," ucap Afifi Lubis mengakhiri.

Adapun enam calon Sekda Sumut yang mengikuti seleksi sampai proses akhir

1. Tengku Amri Fadli, Kadis Lingkungan Hidup Sumut.

2. Hamid Heriansyah Lubis Sekdakab Tanggamus, Lampung.

3. Arief Sudarto Trinugroho, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sumut.

4. Lasro Marbun, Inspektur Sumut.

5. Agus Tripriyono, Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Aset, dan SDA Sumut.

6. Hasmirizal Lubis, Asisten Administrasi Umum.

Selain Tiga Nama Calon Sekda Sumut, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!