PON XXI Sumut, Sebanyak 36 Cabor Dipertandingkan
Gubsu Edy Rahmayadi (ANTARA/Andika Syahputra)

Bagikan:

MEDAN -  Sebanyak 36 cabang olahraga Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 akan dipertandingkan di Sumatera Utara. Selain itu Sumut juga akan jadi lokasi penutupan PON, untuk pembukaan telah diputuskan digelar di Provinsi Aceh.

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi, di Medan, Selasa, mengatakan 29 cabor lainnya dipertandingkan di Provinsi Aceh.

"Ada 29 dan 36 cabor kalau tidak salah, Sumut 36 atau 35 cabor," katanya.

Untuk cabor sepakbola, menurut dia, dibagi dua. Di mana, Sumut menggelar sepakbola putri dan Aceh sepakbola putra.

Vanue PON XXI, kata dia, akan digelar di sport center yang dalam waktu dekat akan masuk tahap pembangunan. Meski diakuinya tidak semua fasilitas atau vanue PON akan selesai dibangun tahun 2024.

Pembangunan Sport Cender di Sumatera Utara

"Nanti ke depan 300 hektar itu untuk sport center kita berharap mungkin 2024 tak terselesaikan semua, tetapi sebagian besar dia selesai, bisa digunakan. Ke depan olahraga ada di sana, penutupan di Sumut di sport center," bilangnya.

Diakui Edy Rahmayadi pembangunan sport center masih dalam tahap perubahan status tanah menjadi hak pengelolaan (HPL). Sebab, investor akan ikut investasi membangun vanue.

"Jadi kita punya ini harus jadi HPL, karena sebagain pekerjaan oleh investor, itu persyaratannya status tanah HPL. Untuk pendanaan ada yang dari APBN, APBD dan ada yang dari investasi oleh orang luar," bilangnya.

"(Kementerian PUPR) pusat adalah stadion dengan infrastruktur sport center, nanti dikerjakan. Disitu ada sport city untuk olahraga, untuk rekreasi dan untuk bisnis, masing-masing dikerjakan pada porsinya. Bisnis itu ada hotel ada rumah sakit, mall, ada tempat rekreasi main anak-anak, ada vanue yang investor mau," tutupnya.

Sekadar mengingatkan Sumut dan Aceh akan menjadi tuan rumah bersama PON XXI yang akan digelar 2024 mendatang.

Selain , ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!