PON 2024, KONI Sumut Ancang-Ancang Gembleng para Atlet
Ketua KONI Sumut Jhon Ismadi Lubis (ANTARA/Juraidi)

Bagikan:

MEDAN - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara, fokus pada persiapan atlet untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2024 dimana Sumatera Utara bersama Aceh akan menjadi tuan rumah bersama.

Ketua KONI Sumut Jhon Ismadi Lubis di Medan, Selasa, mengatakan, sampai sejauh ini persiapan untuk menghadapi PON terus dimaksimalkan, termasuk menggelar pemusatan latihan jangka panjang bagi sejumlah cabang olahraga perseorangan.

"Pelatda jangka panjang sudah digelar untuk sejumlah cabang olahraga perseorangan. Itu kita lakukan agar persiapan benar-benar maksimal demi meraih hasil maksimal di PON mendatang," katanya.

Akan ada 1.500 Atlet asal Sumut

Ia mengatakan, jika atlet Sumut mengikuti seluruh disiplin cabang olahraga yang dipertandingkan nanti di PON nanti, maka total akan ada 1.500 atlet yang diturunkan pada ajang multi event olahraga empat tahunan itu.

Sampai tahun 2022, KONI sudah mulai melaksanakan pelatda untuk cabang olahraga perorangan yang prioritas sejumlah 479 atlet serta para pelatih masing–masing cabang olahraga. Sedangkan cabang beregu baru akan mulai pelatda pada 2023 mendatang.

“Kita juga bakal terapkan promosi dan degradasi melalui Pekan Olahraga Provinsi pada November 2022, kemudian cabang olahraga yang tidak capai 50 persen di kabupaten/ kota akan melaksanakan kejurda dan cabang yang tidak sampai 10 di kabupaten/ kota itu melalui selekda. Sehingga pada akhir tahun (2022) kita sudah dapatkan atlet yang akan dipelatdakan secara penuh," katanya.

Ia juga menyampaikan persiapan tuan rumah bersama sejauh ini terus berjalan dan belum ada kendala apapun. Pihaknya juga memastikan PON akan dimulai tepat pada peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yakni 9 September.

"PON ke 21 tahun 2024 sudah diputuskan tuan rumah bersama Aceh dan Sumut. Cabang olahraga yang dipertandingkan itu 64 dengan 86 disiplin cabang olahraga. Sedangkan nomor pertandingan akan ditentukan KONI pusat pada Agustus nanti," katanya.

Selain PON 2024, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!