Tempat Penghasil Cabai di Sumut dapat Kunjungan Kerja
Tim Pengerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Selatan melakukan kunjungan kerja ke Desa Percontohan Lubuk Cuik, Kecamatan Lima Puluh Pesisir, Kabupaten Batu Bara. (ANTARA/Kurnia Hamdani)

Bagikan:

MEDAN -  Tim Pengerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Selatan melakukan kunjungan kerja ke Desa Percontohan Lubuk Cuik, Kecamatan Lima Puluh Pesisir, Kabupaten Batu Bara.

Ketua PKK Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Darni Harahap di Kotapinang, Kamis (17/3) menyampaikan studi banding ini diharapkan bisa bersinergi membangun Sumatera Utara.

Desa Lubuk Cuik merupakan pemenang lomba UP2K tingkat Provinsi dan penghasil cabai terbesar nomor dua di Sumatera Utara.

Petani cabai sempat terdapat pandemi COVID-19

“Semoga kunjungan kerja ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan TP. PKK Labuhanbatu Selatan sehingga nantinya dapat diimplementasikan di Kabupaten Labuhanbatu Selatan,” jelas Darni.

Ketua UP2K Desa Lubuk Cuik mengungkapkan petani cabai sempat mengalami beberapa permasalahan karena dampak dari COVID-19.

Untuk menjawab masalah tersebut, TP. PKK Batu Bara kerjasama dengan OPD melakukan binaan kepada petani membuat produk turunan dari hasil panen komoditas pertanian yang dibudidayakan.

Menurutnya, mengolah produk olahan cabai seperti saos, cabai kering, bubuk cabai, manisan cabai, sedangkan produk lainnya dari komoditi bawang, jagung dan lain-lain.

Selain Penghasil Cabai di Sumut, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!