Fatayat NU Medan dan Harapan Bobby Nasution
Suasana pelantikan Pengurus Cabang Fatayat NU Kota Medan 2021 -2026 di Aula Taman Pramuka Cadika, Medan, Sabtu (26/3/2022). (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Medan)

Bagikan:

MEDAN - Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Bobby Nasution berharap Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) merupakan organisasi wanita muda Islam dapat berkolaborasi mewujudkan lima program prioritas di daerah ini.

"Pengurus Fatayat NU mampu mengemban amanah, selain menjalin kolaborasi dengan Pemkot Medan mendukung program prioritas," ujar Kabid Ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya, dan Ormas Badan Kesbangpol Kota Medan, Arbani Harahap di Medan, Minggu.

Alasan dibentuknya Fatayat NU Medan

Hal ini disampaikan Arbani ketika membacakan sambutan tertulis Wali Kota Medan Bobby Nasution saat menghadiri pelantikan pengurus cabang Fatayat NU Kota Medan 2021 -2026 di Aula Taman Pramuka Cadika, Medan.

Sebagai salah satu lembaga otonom di lingkungan Nahdlatul Ulama, lanjut dia, Fatayat NU dibentuk karena ormas Islam itu sadar bahwa peranan wanita sangat strategis dalam berbagai hal.

Wali kota mengatakan, stigma wanita hanya bekerja di dapur sudah menjadi hal tabu, karena faktanya wanita sangat berpengaruh bagi suami mengambil keputusan dalam kehidupan berumah tangga.

"Adanya wadah kaum wanita untuk mengembangkan iman dan taqwa agar menjadi wanita muslimah yang baik dan berkah, khususnya muslimah muda di Kota Medan sebagai penerus masa depan," katanya.

Wali kota mengaku, di tengah berkembangnya zaman saat ini banyak stigma negatif tidak diperbolehkan menjadi suatu hal biasa, seperti pergaulan bebas dan peredaran narkoba.

"Pelantikan Fatayat NU Kota Medan ini diharapkan mampu mengayomi muslimah bertakwa kepada Allah SWT, cakap dan bertanggung jawab, sehingga berguna bagi agama, nusa, bangsa dan negara," ucap Arbani.

Ketua Pengurus Cabang Fatayat NU Kota Medan, Sabrina Hasibuan, usai pelantikan mengaku bersama pengurus lainnya menargetkan dibentuk Fatayat NU tingkat kecamatan di daerah ini.

"Kita juga siap untuk berkolaborasi dengan semua pihak, terutama Pemkot Medan mendukung program prioritas pembangunan Kota," terang dia.

Selain Fatayat NU Medan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!