Toko Perlengkapan Ibadah di Medan Laris Manis Jelang Ramadhan
Penjualan perlengkapan alat ibadah di kawasan Pajak Ikan Lama di Kota Medan, Sumatera Utara. (ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus)

Bagikan:

MEDAN - Penjualan perlengkapan ibadah di kawasan Pajak Ikan Lama di Kota Medan, Sumatera Utara mengalami peningkatan menjelang bulan suci Ramadhan.

Rudi, salah satu pemilik gerai perlengkapan ibadah, Kamis, mengatakan, peningkatan penjualan busana muslim dan perlengkapan ibadah terjadi sejak awal Maret 2022.

Menurutnya, barang yang paling banyak dicari oleh pembeli adalah mukena. Bahkan, penjualannya meningkat tiga puluh lima persen dibanding hari biasanya.

Mukena paling banyak di cari di toko ibadah

"Alhamdulillah peningkatannya cukup drastis. Paling banyak laku itu mukena, karena biasanya kan digunakan untuk melaksanakan tarawih," katanya.

Meski penjualan meningkat, namun Rudi memastikan harga jual mukena di gerainya tidak mengalami kenaikan. Harganya bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Untuk yang paling mahal seharga Rp5 juta untuk satu setelan dan merupakan desain khas gerai milik Rudi.

Ia memperkirakan peningkatan penjualan perlengkapan ibadah ini akan terus berlangsung hingga menjelang hari raya Idul Fitri nanti.

"Biasanya seperti itu. Karena tradisi masyarakat yang kerap menggunakan mukena baru," katanya.

Sementara itu, salah seorang pembeli, Ina mengatakan bahwa dirinya selalu membeli mukena baru setiap bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri.

"Memang biasanya di sini. Harganya ya relatif, tapi kan sesuai juga dengan kualitasnya," katanya.

Selain Toko Perlengkapan Ibadah di Medan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!