Bawaslu Kota Padang Sidempuan Gelar Sosialisasi Pemilu
Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kota Padang Sidempuan Ramadhan Sakti Siregar saat mensosialisasikan pengawasan partisipatif jelang pemilu tahun 2024. ANTARA/Khairul Arief.

Bagikan:

MEDAN - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara kembali menggelar acara sosialisasi pengawasan partisipatif jelang pemilu tahun 2024.

Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kota Padang Sidempuan Ramadhan Sakti Siregar mengatakan bahwa sosialisasi pengawasan partisipatif jelang pemilu tahun 2024 bersama pihak akademis, tokoh masyarakat, tokoh agama, mahasiswa, ormas, media juga aparat pemerintahan di Kota Padang Sidempuan, ucapnya, Selasa (5/7).

Bawaslu Kota Padang Sidempuan menjalankan tugas 

Semua WNI yang memiliki hak pilih wajib terdaftar dan memiliki partisipasif jelang pemilu. Mereka berhak mendapatkan sosialisasi dari Penyelenggara Pemilu, baik dalam teknis maupun aturan-aturan yang ada dalam penyelenggaraan Pemilu.

Lanjut Ramadhan, "semua komponen masyarakat mempunyai peranan penting untuk mencegah terhadap terjadinya dugaan pelanggaran Pemilu.”

Semua komponen masyarakat dapat mengawasi pemilu supaya dapat melahirkan pemilu yang berintegritas dan bermartabat. Pemilu yang sukses tidak semata hanya karena upaya penyelenggara namun juga masyarakat sebagai pelaksana turut andil dalam perhelatan tersebut,” kata Ramadhan Sakti saat sosialisasi.

Ramadhan menambahkan, kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan merupakan salah satu rangkaian sosialisasi pengawasan partisipatif yang telah diagendakan oleh Bawaslu Kota Padang Sidempuan. Kegiatan tersebut merupakan Tupoksi Bawaslu dalam menjalankan salah satu fungsi pencegahan dan pengawasan.

Salah satu narasumber kegiatan Dra. Nursiah Hasibuan M.AP yang juga Dosen Fisipol Universitas Graha Nusantara Padang Sidempuan mengatakan dengan adanya kegiatan sosial tersebut merasa terbantu dan difasilitasi oleh penyelenggara pemilu.
Di TPS nantinya juga sigap membantu, mudah mudahan kali ini pun juga kami terfasilitasi dengan layak sama seperti masyarakat lain jadi bisa ikut andil dalam pemilu, katanya.

Diakhir acara, seluruh peserta sosialisasi bersama Bawaslu Kota Padang Sidempuan menyampaikan ikrar untuk mensukseskan pemilu secara serentak serta menolak politik uang, politisasi sara, dan berita hoax, Bersama Rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakkan Keadilan jelang Pemilu 2024.

Selain Bawaslu Kota Padang Sidempuan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!