Operasi Ketupat Toba 2022, Ini yang Akan Dilakukan Polisi
Bupati Padang Lawas Utara Andar Amin Harahap SSTP, MSi Pimpinan Apel Pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Toba (Antara).jpg

Bagikan:

MEDAN - Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara menggelar apel pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Toba tahun 2022 di halaman Mapolres Tapsel, Jalan SM Raja Padang Sidempuan, Jumat (22/4).

Bupati Padang Lawas Utara, Andar Amin Harahap memimpin apel sekaligus membacakan amanat Kapolri mengatakan, Operasi Ketupat 2022 selenggarakan serentak seluruh Polda selama 12 hari mulai tanggal 28 April sampai 09 Mei 2022.

"Ada 144.392 personel pengamanan gabungan mulai unsur Polri, TNI, Pemda serta stakeholders dan elemen masyarakat dilibatkan dalam operasi tersebut," katanya.

Lebaran 2022 beda dengan tahun sebelumnya

Di hadapan yang hadir antara lain di Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj, Bupati Tapsel Dolly P.Pasaribu, Dandim 0212/TS Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing, Danyon C Brimob Polda Sumut Kompol Buala Zega, Pejabat Tapsel dan Paluta.

Dikatakan bahwa, perayaan Idul Fitri 2022 ini berbeda dengan dua tahun sebelumnya. Pemerintah memberikan kelonggaran-kelonggaran kepada masyarakat yang hendak berkumpul bersama keluarganya dengan tidak melakukan penyekatan di jalur-jalur lintasan masyarakat mudik.

Dari kanan ke kiri Dandim 0212/TS Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing, Bupati Tapsel Dolly P.Pasaribu, Bupati Paluta Andar Amin Harahap, Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj, dan Danyon C Brimob Polda Sumut Kompol Buala Zega, dan mewakili Danyon 123/RW saat hadir di Apel Pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Toba Tahun 2022 yang digelar Polres Tapanuli Selatan Polda Sumut, di Mapolres Tapsel, Jalan SM.Raja Padang Sidempuan, Jumat (22/4). (ANTARA/kodir)
Beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus diantisipasi, tambahnya, antara lain, ancaman teroris, premanisme, aksi sweeping oleh ormas, kenaikan harga dan kelangkaan bahan pokok, antrean dan kelangkaan BBM.

Selain itu, kejahatan konvensional, penyakit masyarakat, balap liar, penyalahgunaan narkoba, petasan, perusakan fasilitas umum, berkumpul, dan ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor dampak musim penghujan.

"Oleh karenanya, operasi ketupat -2022 harus dilaksanakan secara optimal. Sehingga masyarakat melaksanakan aktivitas ibadah Idul Fitri 1443 H/Tahun 2022 ini kondusif, aman, lancar dan sehat, baik dari keamanan kamtibmas maupun bahaya COVID-19," tegas Kapolri.

Sekecil apapun gangguan kamtibmas harus dicegah dan diantisipasi. Tema Operasi Ketupat Toba-2022 " Wujudkan sinergi Polri dengan instansi terkait untuk menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 H.

Adapun yang ikut dalam peserta apel pasukan Operasi Ketupat Toba-2022 tersebut di antaranya sejumlah personel dari unsur Polres, TNI, Brimob, BPBD, Dishub, Satpol PP, Kesehatan, dan Pramuka.

 

Selain Operasi Ketupat Toba 2022, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!