Satgas COVID-19 Sumut: Tiap Hari Masih Ada Penambahan Pasien
Juru Bicara Satuan Tugas COVID-19 Sumatera Utara, Aris Yudhariansyah. (ANTARA/Evalisa Siregar)

Bagikan:

MEDAN – Juru Bicara Satuan Tugas COVID-19 Sumatera Utara, Aris Yudhariansyah menjerangkan jika Operasi Ketupat Toba, khususnya dalam menjalankan kebijakan penyekatan arus mudik Lebaran, cukup membantu menekan penambahan pasien terkonfirmasi positif di daerahnya.

"Tiap hari memang masih ada penambahan pasien terkonfirmasi, tapi tidak mengalami lonjakan bahkan tren melambat karena ada Operasi Ketupat Toba khususnya dalam melakukan program penyekatan arus mudik Lebaran," ujarnya di Medan, dilansir dari Antara, Selasa, 18 Mei.

Kemungkinan Besar Ada Penambahan Kasus COVID-19

Menurut Aris, kalau tidak ada penyekatan yang dilakukan dengan ketat, maka kemungkinan besar penambahan kasus COVID-19 akan sangat tinggi.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut tersebut menjelaskan jika Satgas COVID-19 mencatat (hingga 17 Mei), jumlah pasien terkonfirmasi mencapai 30.723 setelah dalam satu hari ada penambahan pasien terkonfirmasi sebanyak 91 orang.

Sementara itu, pasien meninggal bertambah dua orang masing-masing satu orang dari Kota Medan dan Deliserdang sehingga totalnya menjadi 1.009 hingga 17 Mei.

"Kota Medan dan Kabupaten Deliserdang masih tetap terbanyak berkontribusi dalam kasus COVID-19 di Sumut, " katanya.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi, mengungkapkan, Polda Sumut memutar balik 10.018 unit kendaraan yang mencoba melintasi pos penyekatan perbatasan provinsi dan kabupaten kota di Sumut selama pelaksanaan Operasi Ketupat Toba 2021 yang berlangsung dari 6-17 Mei.

Selain memutar balik kendaraan, polisi juga memeriksa sebanyak 14.150 unit kendaraan yang terdiri dari 4.779 sepeda motor, 5.485 mobil, 1.227 bus, 1.786 mobil barang dan 828 kendaraan khusus.

Hadi Wahyudi mengatakan, untuk mengawal pelaksanaan Operasi Ketupat Toba 2021, Polda Sumut mengerahkan 11.600 personel gabungan, khususnya dalam menjalankan tugas di pos-pos penyekatan larangan mudik Lebaran di Sumut.

Selain Satgas COVID-19 Sumut, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!