Harga Ayam di Medan Gila-Gilaan, Sudah Lebih dari Rp40 Ribu
Ilustrasi - Pedagang ayam potong melayani pembeli di Pasar Toddopuli, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (15/4/2020). (Dok ANTARA)

Bagikan:

MEDAN -  Sejumlah pedagang menyatakan harga daging ayam potong di Kota Medan, Sumatera Utara, masih bertahan tinggi sepekan lebih usai Lebaran yaitu mencapai Rp42.000 per kilogram di pasaran.

"Untuk harga ayam potong hari ini masih mahal sekitar Rp42.000 per kilogram di pasar," ungkap Wati (40), pedagang warung nasi di Medan, Kamis.

Ia mengatakan harga daging ayam potong yang merangkak mulai terjadi beberapa hari menjelang Hari Raya Idul Fitri, diantaranya naik sebesar Rp4.000 menjadi Rp37.000 ribu per kilogram sejak Rabu (26/4).

Untung pedagang semakin menipis

Sejak itu harga daging ayam potong terus bertahan di kisaran Rp40.000 hingga Rp42.000 per kilogram, baik di pasar tradisional maupun pasar modern di Kota Medan.

Ia juga mengatakan, setiap hari warung nasinya membutuhkan lima kilogram daging ayam potong untuk berbagai menu. "Mungkin daging sapi belum ada yang jual sejak Lebaran itu," ujar Wati.

Dewi (45), penjual sarapan lontong dan nasi gurih mengatakan, pihaknya tidak berani menaikkan harga makanan khusus menu ayam potong, karena takut pelanggannya lari ke tempat lain.

"Untung kami semakin tipis. Tapi syukurnya harga kebutuhan pokok lainnya normal,seperti cabai hijau Rp18.000 per kilogram, cabe merah Rp20.000 per kilogram, cabe rawit Rp22.000 per kilogram," tutur dia.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan, Emilia Lubis, mengatakan pihaknya segera menstabilkan harga jual daging ayam potong di pasaran di daerah ini.

"(Ayam potong) coba nanti saya cek dulu ya. Baru kita turunkan per lahan," katanya.

Selain Harga Ayam di Medan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!