Kopi Arabika Sipirok Menjadi Primadona Daerah hingga Internasional
Menteri BUMN Erick Thoir saat menikmati sensasi citarasa Kopi Arabika Sipirok saat menyambangi atan Rumah BUMN Padang Sidempuan di kegiatan Pasar Rakyat dan Produk UMKM BUMN di Tapanuli Utara, Kamis (19/5). (ANTARA/HO-dokumen pribadi)

Bagikan:

MEDAN - Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir berkesempatan menyeruput Kopi Arabika Sipirok saat menghadiri Pasar Rakyat dan Produk UMKM BUMN di Lapangan Serbaguna, Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

"Saat Pak Menteri berkesempatan mengunjungi stan Rumah BUMN Padang Sidempuan kita suguhkan minuman varian Kopi Luwak Liar Sipirok tanpa gula," kata Gabe Marihot Manalu dari Tarutung yang menghubungi ANTARA di Sipirok, Kamis (19/5).

Erick Thohir ikut nyeruput kopi arabika sipirok

Menurut Gabe selaku fasilitator stan Rumah BUMN Padang Sidempuan yang mendapat dukungan PLN Peduli PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara, Erick Thoir cukup menikmati sensasi citarasa kopi Sipirok tersebut.

"Sambil menyeruput kopi Sipirok, Pak Erick Thoir tidak lupa menawarkan kepada pengunjung dan rombongannya, sebagai bentuk apresiasi dan penghargaannya terhadap produk unggulan daerah yang ditampilkan Rumah BUMN Padang Sidempuan dalam acara bazar tersebut," kata Gabe.

Manajer bagian Humas PT PLN Unit Induk Wilayah Sumut, Yasmir, menjelaskan, ada 9 produk unggulan yang ditampilkan Rumah BUMN Padang Sidempuan dalam kegiatan yang dihadiri Menteri BUMN Erick Thoir tersebut.

Di antaranya tiga brand kopi asal Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) seperti kopi produk AKS, kopi produk Pinabar, dan kopi produk Enji.

"Kemudian bawang goreng kemasan, jahe merah, sirup teamon, produk rumah madu Padang Sidempuan, kado kopi (pengharum mobil berbahan kopi), dan gula aren dari Arse," katanya.

Rumah BUMN Padang Sidempuan sendiri diketahui konsultannya Sholi Pohan dan sudah sekian lama bermitra (binaan) PT PLN Unit Induk Wilayah Sumut bahkan produk-produknya sudah mendunia dan sering ikut serta dalam pameran event-event besar hingga tingkat nasional.

Dikatakan ada 50 stan UMKM binaan PT Telkom yang ambil bagian dalam bazar Pasar Rakyat dan Produk UMKM BUMN yang digelar di wilayah yang dipimpin Bupati Taput Nikson Nababan tersebut.

Selain Kopi Arabika Sipirok, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!