General Manajer PLN UIW Sumut Buka Peluang Siapa Saja untuk Investasi
General Manajer PLN UIW Sumut Pandapotan Manurung (tengah) (ANTARA/HO)

Bagikan:

MEDAN - PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara siap memberikan kemudahan akses listrik bagi para investor yang akan berinvestasi di daerah tersebut.

"PLN siap bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara membahas kerja sama terkait potensi bidang renewable energy dan agriculture dengan Kedutaan Besar Kerajaan Belanda di Medan," kata General Manajer PLN UIW Sumut Pandapotan Manurung, dalam keterangan tertulis, Kamis (2/6).

Hal tersebut dikatakan General Manajer PLN UIW Sumut pada pertemuan dengan Head Economic Departement Embassy of Kingdom Netherland in Indonesia, Hans De Brabander didampingi Agriculture Counseller, Joost Van Uum, dan Honorary Consul of The Kingdom Netherland Sumatera, Ony Indra Kesuma, di Medan.

Listrik membantu produktifitas masyarakat

Pandapotan menyebutkan, PLN Sumut menyadari listrik merupakan motor penggerak roda perekonomian."Kehadiran listrik akan mendorong produktifitas dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ucapnya.

Ia mengatakan, PLN memiliki empat strategic goals dalam menjalankan bisnis kelistrikan di Sumatera Utara, yakni Green, Innovative, Lean dan Customer Focused.Pilar pertama adalah Green, PLN mendorong dan mengoptimalkan Energi Baru Terbarukan (EBT) dengan Co-firing PLTU, Konversi PLTD dan Renewable Energy Sertifikate (REC).

Pilar kedua Innovative, PLN berkomitmen untuk mendorong ekosistem kendaraan listrik dan gencar mempromosikan layanan ICONET sebagai fixed broadband internet.Pilar ketiga adalah Lean, PLN menjadikan setiap proses bisnis dan operasi lebih gesit, lincah dan efisien.Dan pilar keempat adalah Custumer Focused, kemudahan layanan PLN kini dalam genggaman dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile.

"Sistem kelistrikan Pulau Sumatera telah terintegrasi dari Aceh hingga Lampung," ucapnya.

Pandapotan menjelaskan, bahwa daya mampu pembangkit di Sumatera Utara sebesar 3.557 MW dengan beban terlayani sebesar 2.584 MW, beban puncak sebesar 1.993 MW, sehingga PLN masih memiliki cadangan daya di Sumut sebesar 591 MW (29,7 persen).

"Realisasi bauran energi terbaru di Sumut telah mencapai 44,04 persen, pencapaian tersebut melebihi target bauran energi yang terbarukan di Sumatera sebesar 27,58 persen dan di atas target nasional sebesar 12,3 persen.Atas pencapaian Sumut telah menggunakan energi terbarukan terbesar di Indonesia," kata Generala Manajer PLN UIW Sumut itu.

Selain General Manajer PLN UIW Sumut, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!