Tips Deteksi Dini Kanker Serviks, PKK Tebing Tinggi adakan Sosialisasi
Ketua TP PKK Tebing Tinggi Ny. Herliaminda Dimiyathi bersama peserta sosialisasu IVA Test dan SADANIS di Kecanatan Padang Hilir (ANTARA/HO/Protokoler Pemkot TT)

Bagikan:

MEDAN - Ketua PKK Tebing Tinggi, Sumatera Utara Harliaminda Dimiyathi mengatakan, sangat penting bagi kaum perempuan untuk melakukan IVA Test dan Sadanis sebagai upaya deteksi dini dan pencegahan kanker payudara dan kanker serviks.

Hal itu ia sampaikan didampingi Ketua Pokja IV Syamsiah Suryadharma saat meninjau sosialisasi pemeriksaan IVA Test dan Sadanis di Aula Kantor Camat Padang Hilir Rabu ( 8/6).

Sosialisasi agar wanita mengetahui kanker mulut dan payudara

Sosialisasi terkait IVA Test untuk pemeriksaan kanker mulut rahim dan Sadanis(Periksa payudara klinis) untuk pemeriksaan kanker payudara. Ia menyampaikan sosialisasi itu penting dan bermanfaat bagi semua kaum perempuan, khususnya untuk mengetahui secara rinci apa itu kanker mulut rahim dan kanker payudara.

"Berdasar data lembaga riset resmi WHO Tahun 2020, kanker payudara menduduki posisi pertama penyumbang pasien kanker terbesar di indonesia yang selanjutnya kanker mulut rahim (kanker serviks) menduduki posisi kedua," katanya.

Sosialisasi tersebut diprakarsai oleh TP PKK Kecamatan Padang Hilir yang diketuai Ny. Hj. Afyalda Ramadhan, bersinergi dengan Dinas Kesehatan Tebing Tinggi.

Sebagai nara sumber dalam kegiatan ini menghadirkan dua narasumber yaitu Ibu Norayanti Sirait dan Ibu Sumiyati dari Dinas Kesehatan Tebing Tinggi.

Selain kegiatan sosialisasi, Puskesmas Satria juga membuka layanan pemeriksaan IVA Test dan SADANIS gratis kegiatan dibuka oleh Plt. Camat Padang Hilir, Ramadhan Barqah Pulungan.

Selain Tips Deteksi Dini Kanker Serviks, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!