Bupati Tapanuli Selatan Berikan Tabungan Rumah Tidak Layak Huni
Bupati Tapanuli Selatan Dolly P.Pasaribu (tengah) simbolis menyerahkan buku tabungan program rumah tidak layak huni (Antara)

Bagikan:

MEDAN - Bupati Tapanuli Selatan, Sumatera Utara Dolly P.Pasaribu menyerahkan 103 buku tabungan rumah tidak layak huni (RTLH) program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) tahun 2022.

Dari 103 buku tabungan yang diserahkan sebanyak 40 penerima bantuan RTLH di Desa Tanjung Dolok, Kecamatan Marancar, 33 RTLH Desa Huraba, Kecamatan Marancar, dan 30 RTLH di Desa Huta Ginjang, Kecamatan Angkola Timur.

Bupati imbau agar masyarakat bersyukur

Bupati disela penyerahan buku tabungan di Desa Huraba, Kecamatan Marancar Rabu (15/6) mengatakan, seluruh masyarakat penerima bantuan program BSPS ini patut mensyukuri perhatian pemerintah tersebut.

"Program ini cukup positif. Bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan, keamanan, serta kesehatan masyarakat. Karena berkat bantuan stimulan pemerintah rumah warga yang sebelumnya tidak layak huni menjadi layak huni,"

Bupati menekankan kepada seluruh penerima bantuan agar memanfaatkan bantuan program BSPS 2022 itu sebaik mungkin, dan meminta pemerintah desa dapat mengawasi pembangunan nya.

"Ke depan kita juga akan terus memperjuangkan anggaran pusat dan provinsi khususnya program bantuan RTLH/BSPS seperti ini. Karena sejalan visi Tapsel yang sehat, cerdas, dan sejahtera," kata Dolly.

Sementara Plt Kadis Tarukim Tapsel Martua Raja Sulaiman Harahap menjelaskan, program RTLH/BSPS amanat Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan kawasan permukiman mengamankan bahwa pemerintah perlu berperan aktif dalam menyediakan dan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melaksanakan pembangunan perumahan baik melalui penyelenggara perumahan yang dilaksanakan secara formal, atau secara swadaya masyarakat.

"Program BSPS ini untuk menciptakan satu kesatuan yang utuh dari penataan perumahan dan lingkungan, kehidupan ekonomi masyarakat, sosial budaya dalam menciptakan lingkungan yang nyaman. Terkait persoalan perumahan swadaya dan dalam rangka meningkatkan kualitas rumah tidak layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR)," jelasnya.

Di sampaikan Martua, untuk tahun 2022 Tapsel sendiri mendapat program BSPS untuk sebanyak 323 kepala keluarga (Rp20 juta per kk) yang tersebar di sejumlah desa di kecamatan yang ada di wilayah itu.

Ismail Siregar mewakili penerima bantuan program BSPS dalam kesempatan itu mengucapkan terimakasih mereka kepada Bupati Tapsel. Karena bantuan tersebut sangat-sangat bermanfaat dalam rangka perbaikan rumah mereka agar layak huni.

Selain Bupati Tapanuli Selatan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!