Peneliti Ini Paparkan Alasan Mengapa Bumi Sudah Tidak Layak Huni Kembali
Ilustrasi (Sumber: Pixabay)

Bagikan:

MEDAN - Salah satu pakar yang menjelaskan jika bumi adalah plenet yang sudah tidak layak huni adalah David Wallace-Wells, yang menuliskan pendapatnya secara jelas dalam Bumi yang Tak Dapat Dihuni.

Menurut Wallace-Wells, suhu dunia akan naik sampai 8 derajat pada tahun 2100 akibat pemanasan global. Apa dampaknya?

Membuat kelangkaan pangan

Sebagian orang mungkin menganggap angka kenaikan tinggi. Padahal bila suhu bumi naik satu derajat saja, menurut Wallace-Wells bisa membuat panen padi, jagung, sagu, yang merupakan bahan makanan sehari-hari, bisa turun 10 persen.

Lalu kalau naik 8 derajat, maka produksi pangan akan turun sampai 80 persen. Bila ini terjadi maka berapa juta orang yang akan kesulitan memperoleh makanan?

Selain itu, dampak pemanasan global juga dapapt membuat seseorang yang tinggal di wilayah garis katulistiwa terkena serangan panas seperti di India. Bahayanya, hal ini dapat menyebabkan seseorang mengalami mati muda. 

Bumi akan Tenggelam

Perubahan iklim dan kenaikan suhu Bumi juga bisa membuat es di kutub mencair. Banyak bencana yang kemungkinan terjadi bila hal itu menjadi kenyataan.

Misalnya, membangkitkan penyakit-penyekit yang terkubur di bawah lapisan es. Contohnya antraks, yang sudah memakan korban jiwa, sampai terbunuhnya ribuan rusa kutub.

Es kutub selama ini melindungi suhu samudera dengan memantulkan sinar matahari ke angkasa. Tanpa es kutub, laut akan memanas, dan ikan terumbu karang, serta biota laut lainnya musnah atau bermigrasi, sehingga tangkapan nelayan jauh berkurang. Hal itu sudah terjadi di banyak daerah.

Dampak lain dari mencairnya kutub es adalah bukan tidak mungkin membuat New York, London, Jakarta dan lainnya, bisa jadi tinggal kenangan. Hal ini bisa saja terjadi akibat naiknya air laut. Hampir dua per tiga kota besar yang berada di pesisir mungkin akan tenggelam

Kita tidak bisa menahan pemanasan global akibat pembakaran fosil maupun efek rumah kaca. Tapi seperti dikutip Narasi, kabar baiknya kita bisa memperlambat hal itu terjadi.

Selain menggunakan kertas hemat timbal balik dan menolak kantong plastik atau botol plastik. Kita juga bisa lebih memilih peralatan yang bisa digunakan kembali.

Cara lain yang bisa kita lakukan untuk membendung meningkatnya suhu Bumi yakni bisa dengan memelihara tanaman di rumah, maupun tempat kerja. Itu akan membantu menurunkan emisi karbon. Dan cara yang paling berdampak adalah dengan menanam pohon sebanyak-banyaknya.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Refleksi Hari Bumi: Menyadari Planet Ini Terancam Tak Layak Huni.

Selain Alasan Mengapa Bumi Sudah Tidak Layak Huni, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!