Dana Pembangunan Tapanuli Selatan Tahun 2022 untuk Kecamatan Saipar Dolok Hole Capai Rp10 Miliar
Bupati Tapanuli Selatan H Dolly P.Pasaribu SPt MM (ANTARA/HO-dokumen pribadi)

Bagikan:

MEDAN - Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara di bawah kepemimpinan Bupati Dolly P.Pasaribu Tahun 2022 akan menggelontorkan anggaran bernilai lebih kurang Rp10 miliar untuk pembangunan berbagai sektor di Kecamatan Saipar Dolok Hole.

"Semua program pembangunan itu semata demi mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat sehat, cerdas," kata Bupati Tapsel Dolly P.Pasaribu di Sipirok, Kamis (14/7).

Menurut Dolly membangun sebuah daerah tidak lah semudah membalik telapak tangan. Apalagi dengan kondisi COVID-19 dua tahun belakangan yang berdampak pemotongan anggaran.

Rincian Anggaran APBD 2022 Tapanuli Selatan

Pembangunan perlu berkelanjutan. Tentu, dengan perencanaan yang matang serta ke depan kan skala prioritas. "Karenanya mari tetap kita jaga kekompakan dan sinergi demi lancar maju nya pembangunan Tapsel," katanya.

Adapun rincian anggaran APBD 2022 yang digelontorkan di Kecamatan SD.Hole itu beber Dolly di antaranya untuk program pembangunan peningkatan jalan serta jembatan di Dinas PUPR bernilai total Rp10 miliar seperti untuk lanjutan peningkatan Jalan Sigiring- giring Turunan.

Pembangunan rabat beton jurusan Lobu- Pintu Padang, Rabat beton jurusan Silayang-layang - Mandalasena, Silayang-layang- Sitabo-tabo, jembatan Aek Sisabuk jurusan Tambiski- Batas Paluta, rabat beton jurusan Tambiski-Bangunan, peningkatan jalan Aek Nabara-Lobu, peningkatan jalan simpang jalan provinsi- Sigoring-goring, peningkatan jalan jurusan simpang Mandala Sena - Sibadoar, peningkatan jalan jurusan Sipaginbar- Batang Garut, rehabilitasi Daerah Irigasi Simanosor Julu, dan peningkatan jalan jurusan Sigiring-giring - Turunan.

Kemudian program dari Dinas Pertanian Tapsel diperuntukkan untuk pembangunan irigasi Saba Rimba Kelurahan Sipagimbar, lanjutan jalan usaha tani Sibatang Kayu Padang Banua, Sipagimbar, pembangunan jalan pertanian Sigordang Dolok, Aek Simotung, Dusun Brastagi, Dusun Huta Godang, Lenggahara, Parsuluman, Pintu Padang Mandalasena, Rahuning, Silangkitang Tambiski-Bangunan, Simangambat Kobun Julu, Sirpang 4- Aek Haruaya, Sitabo-tabo Paya Bolak, dan Sunge Sigiring-giring.

Baca juga: Bupati Tapsel: Mari kita manfaatkan lahan tidur menjadi nilai ekonomis

Sementara program Dinas Permukiman Daerah total anggaran Rp1.050.000.000 dengan rincian membangun drainase dan sarana lainnya di Kelurahan Sipagimbar, di Kampung Lobu, Rabat beton di Simaole - ole Desa Ulu Mamis Situnggaling, MCK Kampung Turunan, Desa Sidapdap Simanosor, Wir bersih/pipanisasi Sigiring-giring, ada lagi MCK Kampung Turunan.

"Terhadap seluruh program pembangunan ini kita berharap dukungan penuh masyarakat agar berjalan lancar sesuai keinginan bersama," kata Dolly lebih jauh.

Sementara Syawal Pane Anggota DPRD Tapsel asal Dapil 2 dari Fraksi PAN mengatakan berterima kasih kepada Pemkab (Bupati) Tapsel yang begitu perhatian pembangunan demi kesejahteraan masyarakat SD.Hole khususnya.

"Satu sisi kami menyadari SD.Hole masih butuh pembangunan, sisi lain kami juga sadar terkait anggaran Tapsel yang ada. Pun demikian kami (Legislatif dan Eksekutif) akan terus berjuang demi Tapsel agar lebih maju," kata Syawal.

Selain Dana Pembangunan Tapanuli Selatan Tahun 2022, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!