Pelabuhan Teluk Nibung Tanjungbalai Beroperasi Kembali, Ahmad Doli Kurnia Tandjung
Ketua Komisi 2 DPR RI, Ahmad Doli Kurnia Tandjung yang mendukung dioperasikannya kembali Pelabuhan Internasional Teluk Nibung di Kota Tanjungbalai (ANTARA/Yan Aswika)

Bagikan:

MEDAN - Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menyambut baik rencana dioperasikannya kembali Pelabuhan Teluk Nibung di Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara karena akan membawa manfaat kepada seluruh pihak.

Hal itu diungkapkan Ketua Komisi 2 DPR RI, Ahmad Doli Kurnia Tandjung saat dimintai tanggapannya terkait keinginan Pemerintah Kota dan masyarakat Tanjungbalai yang menginginkan Pelabuhan Internasional Teluk Nibung dioperasikan kembali setelah ditutup saat pandemi COVID-19.

Tanda Bahwa COVID-19 Sudah Selesai

Menurut Doli politisi Partai Golkar itu, jika pelabuhan Teluk Nibung dibuka kembali menandai bahwa pemerintah, khususnya Pemkot Tanjungbalai dan masyarakat sudah selesai dengan urusan COVID-19.

"Dengan dibukanya kembali pelabuhan itu menunjukkan upaya pemerintah dan masyarakat dalam mengendalikan pandemi berhasil, sehingga dipercaya kembali untuk membuka pelabuhan, termasuk masyarakat internasional, khususnya negara tetangga, Malaysia," kata Doli dihubungi dari Tanjungbalai, Kamis (14/7).

Ia melanjutkan, selama pelabuhan itu tidak beroperasi akibat pandemi COVID-19 membuat perekonomian masyarakat sekitar terpuruk. Anak buah kapal, buruh, pedagang hingga tukang parkir mengalami kesulitan ekonomi.

Jadi, dengan dibukanya kembali pelabuhan tersebut aktivitas ekonomi masyarakat Tanjungbalai bisa kembali bergerak dan tentu akan membantu mempercepat pemulihan ekonomi rakyat.

Namun, kata Doli, karena pandemi COVID-19 belum benar-benar berakhir, tentu setiap aktivitas lalu lalang barang dan manusia di pelabuhan dilaksanakan dengan kewaspadaan dan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

"Tetap waspada dan menerapkan prokes. Dengan dibukanya kembali pelabuhan Teluk Nibung itu, saya dan kita semua berharap, masyarakat Tanjungbalai kembali pulih ekonominya dan senantiasa sehat ," ujar Doli yang terpilih dari Dapil Sumut 3 meliputi Kota Tanjungbalai.

Selain Ahmad Doli Kurnia Tandjung, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!