BMKG Prediksi Hujan Disertai Angin Kencang di Sumatera Utara
Ilustrasi awan petir (Unsplash/Tom Strecker)

Bagikan:

MEDAN – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini adanya potensi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dan badai petir di beberapa wilayah di Sumatera Utara (Sumut).

BBMKG Wilayah I Medan menyebut jika potensi hujan disertai angin kencang dapat terjadi di wilayah lereng timur, pegunungan, dan lereng barat Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir dan longsor.

Cuaca di Sumatera Utara Menurut BMKG

Kemudian secara umum cuaca di Sumut pada siang hari berawan dan terjadi hujan ringan di sebagian Lereng Timur, Pegunungan, Lereng Barat dan sekitarnya.

Selain itu, sore hingga malam hari berpotensi turun hujan sedang hingga lebat di sertai petir di seluruh Wilayah Sumatera Utara, kemudian dini hari akan berawan dan terjadi hujan ringan hingga sedang di Pantai Barat dan sekitarnya.

Sementara itu, wilayah Sumut memiliki suhu udara 24.0 – 32.0 derajat Celcius, kelembapan udara 60 – 98 persen, angin berhembus dari Barat Daya hingga Timur Laut dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Terakhir BMKG mengimbau adanya gelombang laut di perairan utara Sabang, Selat Malaka bagian utara, Perairan Barat Aceh, Samudera Hindia barat Aceh, Perairan Nias-Sibolga, dan Samudera Hindia Barat Nias masuk dalam kategori sedang yang dapat mencapai 1.25 hingga 2.5 meter.

Selain prediksi BMKG terhadap cuaca di Sumatera Utara, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!