Menhan Prabowo Subianto Apakah Masih Ingin Beli Pesawat F35?
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (Foto: Instagram @prabowo)

Bagikan:

MEDAN – Sejak kunjungannya ke Amerika Serikat pada akhir tahun 2020 lalu, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto diisukan berniat membeli pesawat jet tempur jenis F35.

Pada waktu itu seorang pejabat pemerintah Menhan Indonesia mengatakan, jika melalui kunjungan tersebut Prabowo ingin membuka jalan untuk Indonesia agar mendapatkan jet tempur F35.

"Tetapi jujur kami tidak berharap banyak," terang pejabat Indonesia yang juga berbicara dengan syarat anonim.

F35 Tidak Masuk dalam Rencana Pembelian TNI

Menanggapi isu yang diangkat kembali tersebut, Pengamat Militer Connie Rahakundini Bakrie menjelaskan jika jet tempur F-35 tidak masuk dalam rencana pembelian di TNI.

Connie menjelaskan membeli apapun untuk modernisasi dan peremajaan alutsista adalah hal sah-sah saja. Namun, menurutnya tidak boleh adalah membeli di luar rencana atau tidak sesuai keinginan dari pengguna yaitu TNI.

"TNI tidak pernah rencana beli, karena tahu kita bukan aliansi AS. Kita negara non blok. Masa Menhan enggak tahu," paparnya kepada VOI, Senin, 26 April.

Connie menambahkan jika Indonesia memiliki anggaran untuk membeli jet tempur F-35, prosesnya akan sangat rumit. Sebab, menurutnya, akan terhambat kebijakan luar negeri Indonesia.

Untuk artikel selengkapnya, bisa disimak di artikel VOI yang berjudul Prabowo Mau Beli Jet Tempur F-35, Pengamat: TNI Tak Pernah Rencana Beli, Masa Menhan Enggak Tahu?

Selain isu Menhan Prabowo ingin membeli pesawat jet tempur F35, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!