Tips Mendapatkan Malam Lailatul Qadar di Bulan Ramadan
Ilustrasi. (Foto- Unsplash)

Bagikan:

MEDAN – Malam Lailatul Qodar selalu dinanti-nantikan seluruh umat Muslim di Indonesia. Meskipun Nabi Muhammad SAW menyinggung jika malam tersebut ada di 10 hari terakhir bulan Ramadan, namun kita tidak pernah tahu kapan pastinya akan tiba.

Dilansir dari NU Online, penulis tafsir Al-Misbah Prof Dr Muhammad Quraish Shihab menjelaskan beberapa amalan agar umat muslim dapat bertemu dengan malam Lailatul Qadar.

1.     Melakukan Segala Kebaikan

Dalam Al-Qur’an, QS Al-Qadr ayat 4 dijelaskan jika di malam Lailatul Qadar  malaikat akan turun dan mengunjungi seseorang dengan kebaikan. Dengan demikian sudah seharusnya agar manusia jangan menunda kebaikan.

2.     Menjaga Kedamaian

Dalam QS Al-Qadr ayat 5 dijelaskan jika pada malam Lailatul Qadar akan ada kedamaian hingga fajar. Damai adalah damai dengan diri dan damai dengan orang lain.

3.     Menjaga Kedamaian Aktif dan Pasif

Kedamaian dibagi menjadi dua yaitu damai aktif dan ada damai pasif. Sebagai contoh ketika Anda tidak dapat memuji orang lain, maka jangan memakinya, itu merupakan contoh damai pasif.

Kemudian damai aktif dicontohkan dengan melakukan aksi kebagian yang bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan lahir dan batin.

Selain tips mendapatkan malam Lailatul Qadar, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!