BMKG: Terdapat 5 Titik Panas di Sumatera Utara
Logo BMKG (ANTARA/HO)

Bagikan:

MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memantau lima titik panas atau ‘hotspot’ yang ada di sejumlah wilayah di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) pada hari Rabu, 16 Juni.

Menurut keterangan tertulis yang diterima dari BBMKG Wilayah I Medan dan berdasarkan pantauan Sensor Modis (Satelit Tera, Aqua, SNPP dan NOAA20) terdapat lima titik panas di Provinsi Sumut.

5 Titik Panas di Sumut Tersebar di Beberapa Wilayah

Kelima titik panas tersebut terpantau di Kabupaten Labuhanbatu tiga titik dan Labuhanbatu Utara dua titik.

Sementara terkait cuaca pada siang hari berawan dan potensi hujan ringan di wilayah Medan, Binjai, Simalungun, P. Siantar, Kisaran, Batubara, Lima Puluh, Asahan, Karo, Labura, dan Labuhanbatu Sumatera Utara.

Sedangkan sore hingga malam hari berawan dan potensi hujan ringan berpeluang terjadi di wilayah Langkat, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Deli Serdang, Simalungun, Samosir, Toba, Tapteng, Taput, Tapsel, Madina, Humbahas, Labura, Labuhanbatu dan sekitarnya.

Kemudian pada dini hari cuaca akan berawan dan potensi hujan ringan-sedang di wilayah Langkat, Medan, Binjai, Deli Serdang, Karo, Dairi, Humbahas, dan sekitarnya.

Suhu udara 22.0-33.0 derajat Celcius, kelembaban udara 60 – 95 persen, angin berhembus dari Tenggara – Barat Laut dengan kecepatan 05 – 30 km/jam.

Sementara prakiraan gelombang laut di Perairan Utara Sabang, Perairan Barat Aceh, Samudera Hindia barat Aceh, Perairan Nias – Sibolga, Samudera Hindia Barat Nias kategori tinggi dengan tinggi gelombang: 2.5 – 4 meter.

Selat Malaka bagian utara, Perairan Sabang - Banda Aceh, Perairan Meulaboh – Sinabang, kategori sedang dengan tinggi gelombang: 1.25-2.5 meter.

Selain pantauan BMKG terhadap titik panas di Sumut, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!