Tidak Mau Kalah, Mobil Listrik OPPO akan Segera Diproduksi
Anak perusahaan OPPO, sudah mengajukan paten untuk membuat mobil listrik di India. (foto: 91mobiles)

Bagikan:

MEDAN - Jika rumor mobil otonom Apple tanpa pedal telah membuat penggemar teknologi dan otomotif terpikat, bagaimana jika perusahaan ponsel OPPO mungkin akan meluncurkan mobil listrik pertamanya pada tahun 2023?

Huawei, yang kehilangan bentengnya di industri ponsel setelah pemerintahan Donald Trump memberlakukan pembatasan di AS, kini sudah memiliki beberapa pengalaman di lapangan tentang mobil listrik.

Perlu diketahui, di masa lalu Huawei telah berkolaborasi dengan perusahaan mobil China untuk meluncurkan mobil seperti sedan SERES Hybrid dan SUV listrik Avatar 11. Sementara itu, perusahaan ponsel China lainnya, Xiaomi, telah mengumumkan rencananya untuk meluncurkan mobil listrik pada 2024.

OPPO juga mengajukan merek dagang di India di bawah Merek Dagang Kelas 12

OPPO, yang dimiliki oleh BBK Corporation China, yang juga memiliki merek ponsel OnePlus, Vivo, Realme dan iQOO, sedang bersiap untuk meluncurkan mobil listrik pertamanya, menurut 91Mobiles dan keterangan rahasia Mukul Sharma. Sharma, yang dikenal dengan Stufflistings persona Twitter-nya, mengatakan kepada 91Mobiles, OPPO memiliki rencana untuk meluncurkan mobil listrik pertamanya di India pada akhir 2023 atau awal 2024.

Namun, kebocoran tersebut tidak membocorkan informasi apa pun tentang bagaimana perusahaan itu berencana untuk mendekati ini, apakah mengembangkan mobil di rumah atau bermitra dengan pembuat mobil lain.

Awal bulan ini, OPPO juga mengajukan merek dagang di India di bawah Merek Dagang Kelas 12, yang mengacu pada "kendaraan; peralatan untuk bergerak di darat, udara atau air" sesuai dengan ketentuan dari Departemen Promosi Industri dan Perdagangan Dalam Negeri India.

Menurut database merek dagang India, aplikasi itu telah "Ditolak" oleh otoritas India. Secara bersamaan, merek saudara OPPO juga telah mengajukan merek dagang di bawah kategori yang sama. Sementara aplikasi oleh OnePlus dan Vivo ditolak, Realme berhasil mendapatkan persetujuan untuk merek dagangnya.

Maklum, perusahaan sering mencadangkan merek dagang untuk memastikan pesaing tidak meluncurkan produk dengan menggunakan merek serupa, dan pendaftaran merek tidak menegaskan peluang perusahaan untuk benar-benar meluncurkan produk.

Kebocoran itu juga menguatkan laporan sebelumnya dari GizChina tentang pertemuan OPPO dengan berbagai perusahaan mobil China dan merekrut tenaga profesional untuk posisi teratas, termasuk kepala ilmuwan Guo Yandong, yang sebelumnya adalah kepala ilmuwan di Xiaopeng Motors China.

Setelah OPPO sukses berinovasi dalam teknologi pengisian cepat untuk ponsel dan aksesori ponselnya maka kini diharapkan dapat menggunakan kehebatannya dalam mengembangkan pengisian cepat untuk mobil listrik.

Namun, dapat diduga bahwa kendaraan tersebut akan terbatas pada wilayah seperti India dan China dan tidak diluncurkan di pasar yang lebih matang seperti AS dan Eropa. Ini karena pasar di mana OPPO mendominasi industri ponsel sangat ideal untuk masuk ke segmen baru.

Ini juga berarti bahwa untuk sementara mobil listrik OPPO dapat menciptakan riak di pasar yang sensitif terhadap harga seperti yang dilakukan ponsel China hampir satu dekade lalu. Ini juga mungkin berdampak kecil atau tidak sama sekali di pasar yang lebih kaya, terutama AS, di mana OPPO tidak menjual produknya ke negeri itu. Mungkin mereka mencoba untuk menjual mobil listrik melalui OnePlus, yang telah bergabung kembali ke OPPO, tetapi itu juga tidak menjamin kesuksesan.

Sementara itu, Foxconn, yang memproduksi iPhone untuk Apple dan ponsel untuk perusahaan lain seperti Xiaomi, juga dikatakan sedang berencana untuk memproduksi mobil listrik untuk merek lain di China, Eropa, Amerika Utara, dan beberapa pasar lainnya.

Pabrikan Taiwan ini telah memamerkan konsep sedan mewah listriknya, Model E, yang dirancang oleh perusahaan desain Italia, Pininfarina, yang akan dijual bersama crossover dan bus di bawah merek Foxtron.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: OPPO Diperkirakan Segera Memproduksi Mobil Listrik untuk Pasar China dan India

Selain Mobil Listrik OPPO , ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!