Soal Pelonggaran PPKM Level 4 yang Diperpanjang, Epidemiolog: Ya Memang Sulit Ya
Ilustrasi (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

MEDAN - Tepatkah pelonggaran di perpanjangan PPKM Level 4? Epidemiolog dari Universitas Griffith Australia Dicky Budiman menilai pelonggaran menjadi hal yang harus dilakukan pemerintah.

Pelonggaran tersebut bertujuan untuk menghindari masyarakat kelas menengah ke bawah semakin terbebani dengan himpitan ekonomi.

Pemerintah Membuka Sejumlah Sektor Ekonomi dalam Perpanjangan PPKM

Sehingga, dia memahami keputusan pemerintah untuk membuka sejumlah sektor ekonomi terutama yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Kalau pelonggaran, ya memang sulit ya. Terutama pelonggaran terkait aspek ekonomi karena aktivitas masyarakat kecil sulit untuk dihindari karena beban berat dari sektor ekonomi," kata Dicky saat dihubungi VOI.

Namun, dia meminta pemerintah tetap mencegah terjadinya penularan kasus COVID-19 secara masih di tengah pelonggaran tersebut. Caranya adalah dengan melaksanakan testing, tracing, dan treatment secara cepat dan agresif.

Pelaksanaan 3T, kata Dicky, juga harus dilakukan di seluruh wilayah Tanah Air bukan hanya di Pulau Jawa-Bali. Dengan pelaksanaan pengetesan, pelacakan, dan perawatan ini diharapkan ke depannya angka positivity rate bisa terus ditekan dan terjaga.

"Test positivity rate yang maksimal itu 5 persen. Itu yang akan menjamin potensi paparan kecil saat pelongaran," tegasnya.

Adapun salah satu cara yang disebutnya bisa meningkatkan angka pengetesan COVID-19 di Indonesia adalah dengan menyediakan tes gratis bagi seluruh masyarakat.

"Testing harus ditingkat masif dan agresif. Kemudian strateginya dengan memberikan tes gratis untuk menjangkau seluruh masyarakat sehingga target 1 juta testing setiap harinya bisa tercapai dan positivity rate 5 persen ke bawah bisa diperoleh. Selain itu, vaksinasi juga harus ditingkatkan," pungkasnya.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Perpanjangan PPKM Level 4 Disertai Pelonggaran, Sudah Tepatkah?

Selain PPKM Level 4 Diperpanjang, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!