Alan Turing, Sosok Kontroversi Penemu Cikal Bakal Komputer Modern
Wajah Alan Turing di uang kertas polimer 50 Pound baru, (Sumber: bankofengland.co.uk)

Bagikan:

MEDAN - Rumus matematika yang ditulis oleh ilmuan Alan Turing tahun 1936, merupakan dasar ilmu komputer modern.

Salah satu jasa Turing untuk Inggris dan juga mungkin dunia, Turing menemukan mampu memecahkan kode Enigma milik Nazi. Berkat kemampuan ini, ia mampu memecahkan komunikasi Angkatan Laut Nazi, memastikan konvoi kapal Sekutu terhindar dari U-boat Jerman dan penting dalam Pertempuran Atlantik. Dia juga mengembangkan teknik yang mengarah pada pemecahan sandi Lorenz Jerman yang lebih canggih.

Alan Turing Dihukum karena Homo Seksual

Namun, Turing dihukum karena ketidaksenonohan berat pada tahun 1952, lantaran berhubungan seks dengan seorang pria dan menjalani kebiri kimia dengan suntikan hormon wanita, untuk menghindari hukuman penjara. Dia juga kehilangan izin keamanannya untuk bekerja dengan badan intelijen GCHQ Inggris. Sebabnya? Homoseksual masih ilegal di Inggris hingga tahun 1967.

Turing yang memilih bunuh diri dengan menggunakan sianida di tahun 1954 dalam usia 41 tahun, memeroleh pengampunan yang dikeluarkan oleh Ratu Elizabeth pada tahun 2013 untuk hukuman pidana yang mendahului kematiannya.

"Dia juga gay, dan akibatnya diperlakukan dengan buruk. Dengan menempatkannya di uang kertas polimer 50 pon baru, kami merayakan pencapaiannya dan nilai-nilai yang dilambangkannya," papar Bailey.

Penghormatan juga diberikan oleh GCHQ. Jeremy Fleming, kepala badan tersebut mengatakan, gambar Turing di catatan itu adalah momen penting.

"Turing dipeluk karena kecemerlangannya dan dianiaya karena menjadi gay. Warisannya adalah pengingat nilai merangkul semua aspek keragaman, tetapi juga pekerjaan yang masih perlu kita lakukan untuk menjadi benar-benar inklusif," tutur Fleming.

Sebagai penghargaan, GCHQ memasang karya seni warna-warni raksasa berukuran 10 x 10 meter di tengah markas mereka, berbentuk donat menggambarkan Turing di dalam roda mesin pemecah kode 'bom' yang ia rancang.

Untuk diketahui, Turing bergabung dengan Government Code & Cypher School, pendahulu GCHQ, pada tahun 1939 untuk membantu memecahkan kode Jerman. Dengan bantuan Polandia, dia memecahkan Naval Enigma. Dia meninggalkan GCHQ pada tahun 1945.

GCHQ adalah agen mata-mata terbesar di Inggris. Tugasnya adalah menguping dunia untuk melindungi keamanan Inggris, meskipun juga mengganggu komunikasi.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Siapa Alan Turing, Gay Pemecah Kode Enigma Nazi di Uang 50 Poundsterling Baru

Selain sosok Alan Turing, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!