Jokowi Puji TNI dalam Penanganan Pandemi COVID-19
Presiden RI Joko Widodo (Foto: Setkab)

Bagikan:

MEDAN - Dalam rangka peringatan HUT ke-76 TNI di Istana Merdeka, Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang  memimpin upacara memberikan amanat terkait dengan pandemi COVID-19. 

Jokowi menyatakan jika rakyat dan negara memberikan penghargaan setinggi-tingginya pada jajaran TNI yang selalu menjadi penjaga utama kedaulatan bangsa.

Selain itu, Jokowi juga menyebut jika TNI selama ini selalu menunjukkan profesionalismenya dalam tiap penugasan yang diberikan.

Apa Alasan Jokowi Memuji TNI?

"Kemampuan perorangan, kemampuan satuan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi termasuk alutsista telah digunakan dan dikerahkan dalam menunaikan setiap tugas yang diberikan," kata Jokowi dalam amanatnya saat menjadi inspektur upacara seperti yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 5 Oktober.

Atas alasan inilah, Jokowi kemudian mengatakan keberhasilan Indonesia dalam menghadapi pandemi COVID-19 tak lepas dari peran serta TNI.

"Keberhasilan kita dalam menangani pandemi COVID-19 ini tidak terlepas dari peran besar TNI," tegasnya.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu juga mengatakan bayang-bayang pandemi COVID-19 masih menyelimuti Tanah Air. "Bila diibaratkan sebagai perang, melawan virus COVID-19 saat ini seperti dalam perang yang berlarut-larut, perang yang sangat menguras tenaga, menguras pikiran, mental, dan semangat juang," tegasnya.

Sehingga diperlukan kewaspadaan, kecepatan, hingga pemanfaatan teknologi untuk berperang melawan virus tersebut.

Berdasarkan tayangan YouTube Sekretariat Presiden, upacara dilaksanakan di halaman Istana Merdeka. Dalam acara tersebut hadir Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, KSAD Jenderal Andika Perkasa, KSAL Laksamana Yudo Margono, hingga KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo.

Acara tersebut dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta. Selanjutnya, perwakilan prajurit membacakan Sapta Marga di depan Presiden Jokowi.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: HUT TNI ke-76, Jokowi: Keberhasilan Tangani Pandemi Tak Terlepas dari Peran TNI

Selain Penanganan Pandemi COVID-19, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!