Geledah Paksa HP dan Langgar SOP Polisi, Aipda Ambarita Dimutasi
Aipda Ambarita/Tangkapan layar Youtube

Bagikan:

MEDAN - Kabar mengenai mutasi Aipda Monang Parlindungan Ambarita dibenarkan oleh Polda Metro Jaya.

Ambarita dimutasi karena adanya dugaan pelanggaran Standar Operasional Prosedur (SOP). Pelanggaran tersebut terkait dengan pemeriksaan secara paksa ponsel warga saat melakukan razia.

"Pak Ambarita itu ada dugaan kesalahan SOP," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Selasa, 19 Oktober.

Aipda Ambarita sudah diperiksa oleh Propam Polda Metro Jaya

Sehingga, Aipda Ambarita pun diperiksa oleb Propam Polda Metro Jaya. Pemeriksaan itu guna mengetahui benar tidaknya pelanggaran tersebut.

"Tetapi ada dugaan pelanggaran disiplin yang dilakukan karena ada ketentuan SOP untuk penggeledahan. Makanya kita lakukan pemeriksaan di Propam," kata Yusri.

Di sisi lain, dimutasinya Aipda Ambarita ke Bagian Humas karena dianggap memiliki kemampuan di bidang multimedia. Terlebih, Aipda Ambarita memiliki pengikut yang banyak di akun media sosialnya.

"Punya kelebihan. Boleh buka sekarang YouTube-nya pak Ambarita, media sosial," kata Yusri.

Alasan serupa juga untuk mutasi Aiptu Jakaria atau yang dikenal dengan Bang Jack. Dia disebut memiliki potensi di bidang humas.

"Kami butuh orang-orang seperti pak Jacklin untuk bisa membantu kami bermain, mengelola humas ini," tandas Yusri.

Mutasi Aiptu Ambarita dan Aiptu Jack itu tertuang dalam Surat Telegram bernomor ST/458/X/KEP./2021 per 18 Oktober 2021.

Dalam telegram tersebut, tertulis Aiptu Jakaria, yang menjabat Banit 9 Unit 2 Subdit 4 Ditreskrimum Polda Metro Jaya, dimutasi sebagai Bintara Bid Humas Polda Metro Jaya. Selain itu, ada Aipda Monang Parlindungan Ambarita, yang menjabat Banit 51 Unit Dalmas Satsabhara Polres Metro Jaktim, dimutasi sebagai Bintara Bid Humas Polda Metro Jaya.

Sebagai informasi, Aipda Ambarita viral di media sosial. Sebab, dia menggeledah secara paksa ponsel milik seseorang.

Tindaknnya itu dianggap sebagai pelanggaran. Alasannya, untuk menggeledah harus berdasarkan surat izin resmi.

Aipda Ambarita merupakan polisi yang cukup dikenal masyarakat. Sebab, sosoknya kerap tampil di program acara televisi dengan tema penindakan pelanggaran hukum.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Polisi 'Artis' Aipda Ambarita Diperiksa Propam dan Dimutasi ke Humas Gegara Viral Periksa Ponsel Warga

Selain Aipda Ambarita Dimutasi, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!