Tugu Punguan Sagala Raja Sedunia Jadi Ikon Kini Sudah Diresmikan
Bupati Samosir Vandiko T Gultom menandatangani Prasasti Monumen Tugu Punguan Sagala Raja Sedunia yang berada di Desa Ginolat Kecamatan Sianjur Mula-mula, Rabu (6/7). (ANTARA/HO)

Bagikan:

MEDAN - Sebagai salah satu penunjang wisata budaya yang ada di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara Bupati Samosir Vandiko T Gultom menandatangani Prasasti Monumen Tugu Punguan Sagala Raja Sedunia yang berada di Desa Ginolat Kecamatan Sianjur Mula-mula, Rabu (6/7).

Turut hadir Kadis Kominfo, Kadis Sosial, Kadis Lingkungang Hidup, Kakankesbangpol, Kadis Lingkungan Hidup, Kasatpol PP, Camat Sianjur Mula-mula.

Ketua Umum Punguan Sagala Raja Sedunia St. Drs. Maringan Sagala menyampaikan terima kasih kepada Bupati Samosir yang telah berkenan hadir pada acara peresmian Monumen Tugu Punguan Sagala Sedunia.

Monumen berdampak pada peningkatan ekonomi

Dirinya menyampaikan bahwa Monumen ini bukan hanya milik keturunan Sagala Raja, akan tetapi menjadi salah satu aset situs budaya sebagai penunjang wisata yang ada di Kabupaten Samosir yang akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

"atas nama Ketua Umum Punguan Sagala Raja Sedunia berharap dukungan Pemerintah Kabupaten Samosir dalam pembangunan jalan, sehingga kelak monumen ini dapat memberikan dampak positif untuk peningkatan ekonomi masyarakat samosir, punguan sagala raja sedunia siap mendukung program Pemerintah untuk memajukan Kabupaten Samosir menjadi lebih baik", ujarnya.

Dalam sambutannya Bupati Samosir mengucapkan selamat dan sukses atas peresmian monumen tugu sagala raja sedunia.

"saya melihat keindahan bangunan monumen tugu punguan sagala raja sedunia, hal ini menandakan bahwa persatuan dan persaudaraan punguan sagala raja masih sangat erat itu terbukti dengan keindahan bangunan monumen tersebut", tegasnya.

Selanjutnya disampaikan bahwa beberapa bulan ini banyak kumpulan-kumpulan marga melakukan rakernas dan melakukan peresmian tugu serta monumen, hal ini menguatkan bahwa samosir sebagai titik nol bangsa batak.

Diakhir sambutannya Bupati menyarankan untuk kedepannya agar dilokasi ini disediakan stand untuk para pelaku UMKM sebagai tempat menjual hasil produk olahan sebagai oleh-oleh khas bagi yang berkunjung ke monumen tugu sagala raja, dalam hal ini Pemerintah siap mendukung bagi para pelaku UMKM untuk membangkitkan nilai ekonomi masyarakat.

Selain Tugu Punguan Sagala Raja Sedunia, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!