Cara Mengatur Keuangan selama Lebaran agar Duit Tidak Habis
Ilustrasi. (Foto- Unsplash)

Bagikan:

MEDAN – Lebaran sebentar lagi, tentu akan banyak berbagai pengeluaran tidak terduga pada bulan ini.

Tentu Anda tidak ingin setelah lebaran simpanan uang habis bukan? Lantas bagaimana cara mengaturnya? Berikut ini VOI berikut beberapa tipsnya.

1.     Membuat Catatan Pengeluaran

Ada baiknya sebelum Lebaran atau selama Ramadan Anda melakukan pencatatan pengeluaran. Anda harus memastikan pos-pos apa saja yang harus Anda alokasikan.

Setelah membuat catatan apa saja yang harus dibelanjakan, selanjutnya Anda tinggal mempersiapkan dana yang harus Anda alokasikan.

2.     Pelit

Agar Anda memiliki uang sisa setelah Lebaran, Anda harus pelit pada diri sendiri atau membatasi segala pengeluaran dengan cara membuat rincian daftar belanjaan.

Sebisa mungkin jangan boros jajan makanan di luar selama bulan Ramadan. Anda dapat memasak sendiri selama sahur atau buka puasa.

3.     Menabung dan Investasi

Tidak dapat dipungkiri jika momen lebaran menguras keuangan Anda. Oleh karenanya, Anda harus semaksimal mungkin menyisihkan uang untuk ditabung atau berinvestasi.

Salah satu contoh investasi yang dapat Anda lakukan adalah dengan kripto. Anda bisa membelinya ketika Ramadan dan memanen setelah Lebaran.

Selain cara mengatur keuangan selama lebaran, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!