Tepung Tanpa Gluten untuk Diet dan Kesehatan Kamu
Ilustrasi tepung untuk kue (Unsplash/Elle Hughes)

Bagikan:

MEDAN - Gluten merupakan protein yang memengaruhi kekenyalan roti. Ketika roti berbahan tepung gluten, akan mengembang. Jika dicampur dengan air, tepung gluten akan bertekstur lengket.

Beberapa orang meyakini bahwa diet bebas gluten dapat menurunkan berat badan. Ada juga yang memilih memakai tepung alternatif tidak mengandung gluten karena gangguan kesehatan seperti celiac.

Tak sedikit juga tepung alternatif dipilih untuk menyerap kandungan nutrisinya. Jika mencari tepung non gluten, ada 6 di bawah ini.

Tepung sorgum

Tepung sorgum berasal dari biji sorgum yang mengandung tiga jenis karbohidrat, yaitu pati, gula terlarut, dan serat. Mengutip dari Badan Litbang Pertanian Kementrian pertanian, kandungan serealia di dalamnya tidak kalah dengan gandum dan barley.

Kandungan gula terlarut pada tepung sorgum terdiri dari sukrosa, glukosa, fruktosa, dan maltosa. Untuk Anda yang sedang diet glukosa, tepung sorgum bisa jadi alternatif pilihan karena memiliki indeks glikemik yang rendah.

Tepung beras merah

Pembuat kue sering memakai tepung beras merah untuk beberapa jenis produknya, seperti kue apem, serabi, nagasari, dan kue lapis. Tepung ini diolah dari beras merah yang digiling halus.

Nutrisi yang dikandung tepung beras merah antara lain zat besi, vitamin B, magnesium, mangan, dan tentu saja mengandung tinggi protein serta serat. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa beras merah mengandung senyawa lignan yang dapat membantu meminimalisir risiko penyakit jantung.

Tepung ketan

Tepung ketan jadi bahan utama dodol dan jenang di beberapa daerah di Indonesia. Tepung ini anti gluten karena berasal dari beras ketan yang dihaluskan.

Kandungan nutrisinya hampir sama dengan tepung beras merah, namun mengandung kadar amilopektin yang tinggi sehingga lengket jika dicampurkan dengan air atau diolah menjadi makanan.

Tepung jagung

Sama seperti dua tepung sebelumya, tepung jagung juga berasal dari biji-bijian, yaitu jagung. Jagung yang ditumbuk agak kasar sering dijumpai sebagai makanan alternatif pengganti beras.

Bukan tanpa alasan tepung jagung bisa jadi pilihan, ini karena tepung jagung mengandung serat dan sumber antioksidan. Di samping itu, nutrisi bermanfaat lainnya dalam tepung jagung antara lain vitamin B6, tiamin, mangan, magnesium, dan selenium.

Tepung singkong

Tepung tanpa gluten selanjutnya adalah tepung singkong. Tepung ini mengandung pati resisten dan memiliki karakter paling mirip dengan tepung terigu. Artinya, saat dicampur dengan air akan sedikit lengket.

Tepung almon

Tepung almon sering dipakai sebagai pengganti tepung gandum untuk membuat roti, khususnya yang diproses dengan dipanggang. Kandungan nutrisinya antara lain magnesium, kalsium, mangan, vitamin E, dan asam lemak tak jenuh tunggal. Tetapi perlu diingat, meski bebas gluten, tepung almon berkalori tinggi.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Mengandung Nutrisi Tinggi, Ini 6 Alternatif Tepung Tanpa Gluten

Selain Tepung Tanpa Gluten, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!