Beberapa Karakter Wanita Dalam Film yang Menginspirasi, Mana Idolamu?
Saoirse Ronan, si pemeran Jo March dalam film Little Women. (Foto: Twitter @LittleWomen)

Bagikan:

MEDAN –Di Indonesia ada sosok Kartini memiliki pengaruh dan mampu membangkitkan sosok perempuan pribumi.

Hal itu menginspirasi perempuan masa kini untuk selalu menjadi orang yang berguna bagi masyarakat. Tidak hanya Kartini, kini banyak karakter perempuan yang pantas dijadikan panutan.

Tidak terkecuali tokoh fiksi yang biasanya banyak disaksikan melalui layar kaca. VOI memiliki beberapa pilihan untuk Anda. Simak di sini, ya!

1. Katherine G. Johnson, Dorothy Vaughan, Mary Jackson dari Hidden Figures.

Film ini mengisahkan tiga wanita ahli matematika yang bekerja di NASA. Sebuah prestasi yang membanggakan bagi mereka nyatanya dipandang sebelah mata oleh teman-teman sekitarnya.

Selain karena mereka perempuan, mereka juga berkulit hitam. Perjuangan ketiga wanita ini dalam menampilkan kualitas dibandingkan penampilan sangat menginspirasi kita sebagai generasi muda saat ini.

2. Kim Ji Young dari Kim Ji Young, Born 1982.

Tumbuh dalam kondisi patriarki di Korea Selatan, Kim Ji Young merasa tertekan dengan tuntutan sebagai wanita dan ibu dalam waktu bersamaan. Sosok Ji Young di sini sangat memprihatinkan tetapi ia menunjukkan bahwa seorang wanita pantas memilih apa yang ia ingin lakukan.

 Ji Young pun mulai belajar terbuka dengan orang-orang di sekitarnya mengenai kondisi dirinya sekaligus agar orang memahami apa yang ia inginkan.

3. Miranda Priestly dari Devil Wears Prada.

Dianggap galak dan suka mengatur, itulah sosok Miranda Priestly yang diperankan Meryl Streep dari Devil Wears Prada yang ditakuti oleh bawahannya. Priestly yang merupakan pemimpin dari majalah fashion ternama menjadi orang yang pemilih terkait pekerjaan.

Padahal jika ditelaah, Miranda adalah orang yang mengetahui kemauan dan bertekun pada pilihannya. Hal ini bisa menjadi pedoman untuk kita sebagai wanita harus berpegang teguh pada impian yang ingin dicapai.

4. Marlina dari Marlina si Pembunuh Dalam Empat Babak.

Diperkosa, diserang, dan dicuri, Marlina mulai mencari keadilan dari apa yang ia terima. Di sinilah sebuah kutipan “Berdiri untuk dirimu sendiri” benar adanya.

Sepanjang film, kita menyaksikan Marlina yang diperankan oleh Marsha Timothy ini berjuang mempertanyakan keberpihakan dunia pada wanita. Marlina adalah perempuan yang tangguh dan mencintai dirinya sendiri.

5. Josephine March dari Little Women.

Jo yang diperankan Soirse Ronan ini, mengetahui apa yang ia cita-citakan yaitu sebagai penulis buku kenamaan. Bangkit dari kehidupannya yang kurang berkecukupan, Jo mulai merantau ke Amerika Serikat untuk mencari apa yang bisa raih.

Sekalipun bukan menjadi penulis, Jo menerima banyak pelajaran dan siap membagikan di manapun ia mampu. Ia juga mau menolong tanpa pandang bulu. Kita bisa meniru figur Jo yang mau belajar menerima proses untuk mendapat yang ia inginkan. Sifat tersebut yang sangat dibutuhkan bagi seorang wanita di jaman seperti ini.

Artikel ini pernah dimuat di VOI.ID dengan judul: Layaknya Kartini, Ini Karakter Wanita Dalam Film yang Menginspirasi.

Selain Beberapa Karakter Wanita Dalam Film yang Menginspirasi, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!