Apa Saja Penyebab Wanita Sulit Mencapai Orgasme?
Ilustrasi sulit mencapai orgasme (Freepik/Jcomp)

Bagikan:

MEDAN - Orgasme atau mencapai klimaks ketika bercinta sebenarnya bukan perkara mudah didapat bagi banyak wanita.

Banyak faktor yang mempengaruhi orgasme sangat bervariasi, mulai dari posisi seks hingga persoalan yang dirasakan dalam hidup.

Sialnya faktor tersebut sering tak disadari, menurut seksolog Carole Altman, Ph.D., orgasme merupkan upaya dari setiap orang yang berpasangan.

Altman menjelaskan jika seseorang tak bisa bergantung pada pasangannya untuk mencapai klimaks. Selanjutnya, faktor berikut yang umum terjadi ketika enggak bisa mencapai orgasme.

Dalam artikel seks edukasi ini VOI rangkum beberapa faktor dan penyebab wanita sulit mencapai orgasme dalam lima poin.

1.     Foreplay kurang

Anda dan pasangan sangat menginginkan berhubungan seks, tetapi ada penyebab tidak bisa mencapai orgasme yaitu foreplay kurang. Ivone K. Fullbright, penulis Hot Guide to Safer Sex, mengatakan bahwa melewatkan seluruh siklus respons seksual membuat lebih sulit untuk melepaskannya.

Menurutnya, kebanyakan wanita membutuhkan sekitar 20 menit untuk membangun gairah dan mencapai puncak, orgasme. Altman menambahkan, mengalami orgasme saat foreplay meningkatkan peluang wanita untuk mencapai klimaks selama hubungan seksual.

2.     Pikiran terdistraksi

Seorang seksolog, Georgia Gloria G. Brame, Ph.D., mengatakan bahwa otak Anda adalah bagian penting dari pengalaman seksual. Otak akan mencatat sensasi dan melepaskan zat kimia sehingga membuat tubuh bisa menerima rangsangan serta merespons dengan baik.

Ketika pikiran terdistraksi dengan bagaimana penampilan, kondisi payudara, atau letak tahi lalat bisa membuat rangsangan tak direspons maksimal.

Saran Brame, cobalah untuk fokus dan libatkan seluruh tubuh Anda. Jangan lupa sentuh diri Anda atau berganti posisi untuk membawa sesi bercinta tetap mengasikkan. Fulbright juga merekomendasikan untuk melakukan napas yoga untuk membantu membuat seks lebih ‘panas’.

3.     Stimulasi klitoris tidak cukup

Pada klitoris terdapat ribuan saraf halus sehingga perlu disentuh saat berhubungan seks. Menurut penelusuran Fulbright, jarang wanita mengalami orgasme tanpa rangsangan pada klitoris.

Berbagai pose seks juga melibatkan gesekan pada klitoris, misalnya posisi missionaris. Saran Fulbright, pastikan kaki tetap rapat agar saat gerakan memutar dan rangsangan keluar-masuk bisa mencipkatan gesekan antara bibir vagina dan klitoris.

4.     Tidak buang air kecil sebelum bercinta

Kandung kemih yang terisi penuh bisa mengganggu ketika penetrasi. Menahan kencing bisa membuat sesi panas di atas ranjang enggak all out. Pun setelah bercinta, disarankan untuk buang air kecil yang berguna mengurangi risiko infeksi saluran kencing.

5.     Terlalu banyak perubahan posisi

Alih-alih mencoba hal baru, tetapi berganti-ganti posisi perlu dibuat skenarionya dulu. Kunci kepuasan adalah stimulasi yang stabil dalam posisi yang menyentuh titik-titik sensitif Anda dan pasangan, kata Brame.

Kenali ritme dan tangga dramatik –dari pelan menuju medium hingga cepat- untuk membangun klimaks. Sensasi harus konsisten atau Anda dan pasangan bisa kehilangan momentum, terang Brame.

Jika karena faktor ini tak mencapai orgasme, Anda dan pasangan bisa bersepakat untuk memperbaiki pada ronde ke dua.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Ternyata, Karena 10 Faktor Ini yang Bikin Sulit Mencapai Orgasme

Selain Penyebab Wanita Sulit Mencapai Orgasme, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!