Jelang Lebaran BMKG Peringatkan Adanya Potensi Rob di Belawan Sumut
Ilustrasi - Warga beraktivitas saat banjir rob di Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta, Jumat (1/1/2021). (Foto- ANTARA)

Bagikan:

MEDAN – Menjelang Hari Raya Idulfitri 2021, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan agar masyarakat di Belawan, Medan, Sumatera Utara waspada akan adanya banjir pasang air laut maksimum atau rob.

"Fenomena banjir rob akibat aktivitas pasang air laut maksimum diprediksi pada 10-14 Mei 2021," ujar Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Belawan, Sugiyono dilansir dari Antara, Senin, 10 Mei.

Masyarakat Medan Utara Diimbau Waspada

Hal ini, lanjut dia, mengganggu aktivitas masyarakat di pesisir Belawan dan sekitarnya dalam merayakan Idul Fitri yang diperkirakan jatuh pada Kamis, 13 Mei mendatang.

Organisasi Islam Muhammadiyah menetapkan 1 Syawal 1442 Hijriah atau Lebaran Idul Fitri jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021 sesuai hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid.

"Masyarakat di Medan Utara kita imbau waspada dan siaga mengantisipasi dampak banjir ditimbulkan, dan memperhatikan informasi cuaca maritim BMKG," terangnya.

Selain itu, kata dia, banjir rob ini juga mengakibatkan terganggunya transportasi di pelabuhan dan kawasan pesisir akibat naiknya permukaan air laut ke darat.

"Menjelang Idul Fitri, aktivitas masyarakat tentu meningkat. Begitu juga kegiatan bongkar muat di pelabuhan, kita perkirakan terganggu," tutur Sugiyono.

Selain peringatan BMKG adanya potensi rob di Belawan Sumut, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!