Berbagai Jenis Tes Fisik Dijalani Atlet NPC Sumut untuk Peparnas 2024
Atlet NPC Sumut menjalani tes fisik (ANTARA/HO)

Bagikan:

MEDAN - Para atlet National Paralympic Committee (NPC) Sumatera Utara yang dipersiapkan mengikuti Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) jangka panjang menuju Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2024 menjalani tes fisik tahap awal.

Kabid Binpres NPC Sumut Suprayitno di Medan, Rabu, mengatakan tes fisik kali ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan fisik atlet sekaligus kebugaran mereka usai tampil di Peparnas 2021 Papua.

Tes fisik disesuaikan dengan cabang olahraga

Jenis tes fisik yang diberikan juga disesuaikan dengan karakteristik cabang olahraga dan klasifikasi masing - masing atlet. Tes fisik yang dilakukan bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan (STOK) Binaguna Medan ini berlangsung di Stadion Teladan Medan.

"Mengenai instrumen tes fisik, pada prinsipnya disesuaikan dengan karakteristik kecabangan dan klasifikasi individu. Diharapkan hasil dari tes ini nantinya mampu memberikan informasi yang tepat tentang kondisi fisik atlet," ucapnya.

Sementara Ketua NPC Sumut Alan Sastra Ginting menjelaskan ini merupakan tes perdana di tahun 2022 yang dijalani atlet usai tampil di Peparnas 2021 lalu. Tes kali ini wajib diikuti seluruh atlet, terutama bagi paralimpian yang dipersiapkan dalam program jangka panjang menuju Peparnas 2024.

"Tes fisik kali ini ingin melihat bagaimana perkembangan kondisi fisik atlet yang dipersiapkan masuk Pelatda jangka panjang menuju Peparnas 2024. Harapan kita kepada para pelatih nantinya bisa mengembleng atlet yang dibina dengan hasil tes kali ini," ujar Alan.

Guna memaksimalkan perkembangan fisik para atletnya, rencananya tes lanjutan tahap kedua akan kembali digelar pada akhir Desember. Hal ini menurut Alan sangat penting sebagai evaluasi para atlet selama menjalani pelatda jangka panjang.

"NPC Sumut dalam setahun telah agendakan 2 kali tes fisik. Tujuannya untuk mengetahui progres atlet yang kita bina untuk jangka panjang. Insya Allah, akhir Desember nanti bakal ada tes tahap kedua untuk mengetahui hasil perkembangan mereka lagi, sebagai evaluasi menuju peparnas nanti," kata Alan.

Pada tes fisik tahap pertama ini diikuti oleh 98 atlet yang berasal dari sembilan cabang olahraga, antara lain, atletik, catur, panahan, tenis meja, tenis lapangan, kemudian renang, judo, angkat berat, dan bulutangkis.

Selain Jenis Tes Fisik, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!